GAYA HIDUP

5 Tips Aman Ketika Ingin Berwisata ke Alam Liar

Salah satu hutan belantara yang berlokasi di Yakushima, Japan (miriadna.com)

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH — Menjadi penjaga taman nasional memiliki banyak trik untuk tetap bertahan hidup. Meskipun menghabiskan hari dikelilingi oleh keindahan alam, pekerjaan ini juga memiliki masalah tersendiri, yaitu manusia.

Ya, ketika datang ke alam, mungkin seseorang sesekali akan melakukan hal-hal bodoh yang sebenarnya tidak perlu dilakukan saat berada di alam. Banyak juga perilaku nakal dari para pengunjung yang akhirnya menjadi tanggung jawab dari penjaga taman nasional.

Dilansir dari Active.com, pada Senin (17/10/2016) Christian Delich, seorang penjaga dari Joshua Tree National Park memberikan saran apa saja yang sebaiknya dilakukan saat berada di alam liar.

1. Bawalah banyak air dan makanan

“Masalah terbesar yang dihadapi dengan pengunjung adalah banyak orang tidak membawa air yang cukup, terutama ketika cuaca sedang panas,” kata Christian. “Kami merekomendasikan dua botol seukuran 1,5 liter per orang jika Anda akan melakukan hiking sepanjang hari”, jelasnya.

Selain air, makanan juga sama pentingnya. Jika Anda minum air dalam jumlah tertentu tanpa makan apa-apa, dapat menyebabkan ketidakseimbangan antara air dan garam. Hal ini dapat menyebabkan tubuh mengalami shock. Banyak orang yang meninggal di alam karena hal ini.

2. Beritahu teman dan keluarga kemana Anda akan pergi

Jika Anda berharap GPS di ponsel akan menyelamatkan Anda ketika tersesat, Anda akan menemukan diri Anda dalam situasi yang sangat mengerikan.

“Telepon tidak mendapat sinyal di sebagian besar taman nasional,” kata Christian. Yang paling penting adalah untuk memberitahu teman-teman dan keluarga kemana tepatnya Anda akan pergi jika sesuatu yang buruk terjadi.

3. Jangan mengganggu atau memberi makan satwa liar

Anda tidak bisa menghindari pertemuan dengan satwa liar. Namun, jangan khawatir karena serangan beruang dan gigitan ular di taman nasional sangat langka.

Hal terburuk yang pernah terjadi adalah pengunjung mencoba untuk memberi makan satwa liar. Misalnya, jika ingin mendapatkan gambar instagram yang sempurna Anda memberi umpan beruang dengan makanan, mereka mulai terbiasa dengan manusia dan itu akan menjadi masalah.

“Kami tidak ingin beruang kehilangan rasa takut alami mereka terhadap manusia. Ketika mereka kehilangan rasa takut itu, mereka menjadi sangat nyaman di sekitar orang. Mereka akan masuk ke kendaraan, masuk ke tempat perkemahan dan mencuri makanan Anda”, ungkap Christian.

4. Jangan berlebihan saat mengambil foto

Salah satu hal yang menjadi masalah adalah nafsu tak terpuaskan dari pengunjung untuk mendapat foto yang sempurna.

5. Gelar tenda di tempat yang sudah di sediakan

Jika Anda seorang backpacker di taman nasional, Anda pasti ingin menyebutkan ini adalah bagian dari petualangan Anda. Tapi pilihah tempat Anda untuk menggelar tenda secara bijak.

“Anda tidak mungkin membuat tempat kemah yang baru, Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di sekitar Anda. Jika Anda melihat area kemah yang ada, itulah yang kami rekomendasikan untuk Anda gunakan” kata Christian.

 

TERPOPULER

To Top