HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Mengubah Hobi Jadi Uang

21

Oleh: Hero Wijayadi[1. Founder HeroSoftMedia – Digital Marketing Agency, Semarang]

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH – Sambil menulis artikel ini saya jadi merenung. Saya sedang mengingat diri sendiri beserta istri, dan juga beberapa orang teman. Saya bersyukur betapa bahagianya bisa bekerja atas dasar Passion. Hidup cuma satu kali, mesti dinikmati… gitu kata orang. Tapi nyatanya berapa banyak orang yang “mengorbankan” waktu hidupnya dalam bekerja? Bersusah-susah dahulu bersenang-senang kemudian, begitu harapannya.

Saya percaya kita hidup bukan cuma numpang lewat. “Nunut ngombe” istilah Jawanya. Harus ada value-nya, ada tujuannya. Kerja karena Passion jadi penting buat saya. Menikmati dan bahagia dalam pekerjaan, hasilnya juga pasti beda.

Salah satu cara termudah mewujudkan passion dalam kerja, adalah kita bekerja berdasarkan hobi. Buat kebanyakan orang hobi adalah biaya, demi mencari kepuasan. Tapi jika kita mau mengubahnya jadi sumber pendapatan, wah asik sekali. Untuk itu ada banyak cara. Misalnya anda memiliki hobi bermain musik, anda dapat berbisnis peralatan musik, menjadi guru musik, atau beragam jasa yang berhubungan.

Layaknya membangun sebuah bisnis pada umumnya, kita perlu belajar dan melangkah. Tentunya satu artikel tidak cukup untuk menjelaskan semuanya. Tapi berikut adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mulai (atau mengembangkan) bisnis berdasarkan hobi dan passion anda.

Partnership

Bangun hubungan kerjasama dengan orang lain yang memiliki skill set yang berbeda dengan anda. Tidak ada seorangpun yang serba bisa melakukan semua hal. Sebagai penggagas dan pemilik bisnis, visinya harus datang dari anda. Ditambah dengan keahlian-keahlian khusus yang mungkin anda punyai. Tapi di luar itu anda butuh orang lain. Katakan misalnya seorang yang bertanggung jawab di bidang teknis/teknologi, pemasaran, urusan operasional, dan sebagainya. Tentunya memilih seorang partner kerja bukan hal yang mudah. Ibarat mencari seorang pasangan hidup. Mereka harus se-visi dan bisa saling mendukung. Tapi pasti anda bisa menemukannya jika anda membuka wawasan dan jaringan pertemanan anda.

Blogging

Buat blog yang berhubungan dengan hobi/minat anda. Sangat mudah menulis artikel yang didasarkan pada sesuatu yang memang anda sukai. Ibarat anda bertemu dan bercerita dengan seorang teman tentang hobi anda, salurkan itu di tulisan blog anda. Ada banyak keuntungan untuk melakukan hal ini. Pertama, dengan menulis anda otomatis akan belajar hal-hal baru. Untuk menulis anda perlu banyak membaca. Kemudian tak kalah penting, blog bisa menjadi pintu masuk bagi calon pembeli anda. Jika anda mempelajari dasar-dasar SEO, blog yang dioptimasi dengan baik biasanya memiliki trafik pengunjung yang tidak sedikit (saya pernah menulis tentang SEO di tabloid ini sebelumnya). Hingga kini SEO menjadi salah satu senjata paling ampuh dalam pemasaran online.

Artikel-artikel how-to yang memberikan edukasi bermanfaat pasti akan sangat diminati para pecinta hobi. Lebih ampuh lagi jika ditambahkan dengan Video Blogging. Sekarang ini semua orang dengan mudah dapat membuat video dengan Smartphone pribadi, lalu mengunggahnya ke YouTube. Jika mau belajar sedikit teknik video editing sederhana akan sangat membantu. Masukkan video tersebut ke dalam artikel blog anda. Jika bisnis anda menjual sesuatu yang berkaitan dengan hobi tersebut, jangan lupa sisipkan link produknya di akhir dari artikel. Lalu sebarkan artikel tersebut ke social media. Bersiaplah mendapat banjir pembeli jika anda rutin melakukannya dan terus meningkatkan kualitas blog anda.

Bergabung atau Buat Komunitas

Hal selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah bergabung dengan suatu komunitas hobi sejenis. Hampir bisa dipastikan sudah ada komunitas tersebut berskala lokal maupun nasional. Kecuali jika hobi anda benar-benar unik dan baru, maka mungkin anda perlu menjadi pencipta komunitas. Tentunya tidak cukup hanya bergabung, anda perlu aktif di dalam komunitas tersebut. Jika anda benar-benar menyukai hobi anda, secara natural anda akan menikmati berinteraksi di dalamnya. Seperti halnya menulis blog, semakin aktif maka reputasi anda akan makin meningkat juga. Yang pada akhirnya akan berdampak terhadap bisnis yang anda bangun. Bisnis berdasar hobi biasanya terpengaruh pada seberapa reputasi si pemilik atau tokoh di baliknya. Dengan menampilkan diri anda di komunitas sebagai pakar di bidangnya, maka orang makin percaya dengan bisnis yang anda bangun.

Bangun Brand Anda

Bangun brand anda sendiri sedari awal mulai. Seringkali orang menyepelekan hal ini dan menyesal kemudian saat bisnis sudah meningkat. Karena penjualan tidak selalu identik dengan eksistensi brand. Terlambat membangun brand artinya anda harus memulai dari awal padahal bisnis sedang berkembang. Ibarat sebuah rumah, anda harus membenahi fondasinya padahal bangunan rumah sudah berdiri, sangat costly dan menyulitkan.

Bicara tentang brand bukan hanya perkara mengenai design logo, warna, tagline, dan sebagainya. Brand image adalah tentang bagaimana persepsi publik terhadap produk dan bisnis anda. Membangun brand yang baik harus mempertimbangkan hal-hal seperti nilai & budaya perusahaan serta target marketnya.

Pemasaran Online

Pada akhirnya bisnis apapun yang anda bangun, anda membutuhkan teknik pemasaran yang tepat agar bisnis makin dikenal dan langgeng. Di era sekarang ini, pemasaran online via Internet menjadi kebutuhan utama bagi segala bisnis. Masalahnya adalah channel pemasaran di Internet yang demikian bervariasi membingungkan banyak orang. Strategi pemasaran yang tepat sasaran dan skill serta pengalaman dalam pemasaran online (Internet Marketing) menjadi sangat dibutuhkan. Dengan kegigihan hal tersebut dapat anda pelajari, atau anda dapat menggunakan jasa konsultan pemasaran online untuk membantu anda.

Membangun bisnis berdasarkan hobi menjadi suatu blessing tersendiri jika anda mau melakukannya. Bekerja karena passion tentu memberikan hasil yang berbeda. Semoga beberapa tips saya di atas dapat membantu anda membangun (atau memulai) bisnis dari hobi Anda. Salam sukses.[]

Komentar
Sedang Loading...
Memuat