HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Amalan yang Disunnahkan Sebelum Shalat Jum’at

3

HARIANACEH.co.id, Banda Aceh — Hari Jum’at adalah hari besar umat Islam. Tanpa mengecilkan arti hari-hari lainnya, hari Jum’at sudah disebutkan memiliki keutamaan. Utamanya karena adanya ibadah shalat Jum’at berjamaah di masjid. Nah, dalam ibadah wajib shalat Jum’at pun ada amalan-amalan sunnah yang bisa kita ikuti. Apa saja? Berikut di antaranya:

1. Mandi

2. Memotong kuku dan kumis

3. Memakai pakaian yang rapi dan bersih (warna putih lebih utama).

4. Memakai wangi-wangian.

“Siapa yang mandi pada hari jum’at dan memakai pakaian terbaik yang dimiliki, memakai harum-haruman jika ada, kemudian pergi jum’at dan di sana tidak melangkahi bahu manusia lalu ia mengerjakan sholat sunnah, kemudia ketika imam datang ia diam sampai selesai sholat jum’at maka perbuatannya itu akan menghapuskan dosanya antara jum’at itu dan jum’at sebelumnya.” (HR. Ibnu Hibban dan Al-Hakim).

“Adalah Rasulullah SAW memotong kuku dan mencukur kumis pada hari jum’at sebelum beliau pergi sholat jum’at. (HR. Al-Baihaqi dan At-Thabrani).

5. Berdoa ketika keluar rumah.

6. Segera menuju ke masjid dengan berjalan kaki perlahan-lahan dan tidak banyak bicara.

7. Ketika masuk masjid melangkah dengan kaki kanan dan membaca doa.

8. Melaksanakan sholat sunnah tahiyyatul masjid.

“Apabila seseorang masuk masjid maka hendaklah dia mengerjakan shalat dua rakaat sebelum ia duduk.” (HR. Abu Daud dari Abu Qatadah).

9. I’tikaf sambil membaca Al-Qur’an, berdzikir darau bersholawat jika khatib belum naik ke mimbar. Jika khatib sudah naik ke mimbar maka hendaklah menghentikan dzikir atau bacaan Al-Qur’an untuk mendengarkan khutbah.

Setelah shalat jum’at selesai dikerjakan disunnahkan berdzikir dan mengerjakan sholat sunnah ba’diyah jum’at baik di masjid atau pun di rumah.

“Adalah Nabi SAW mengerjakan shalat sesudah shalat jum’at dua rakaat di rumahnya.” (HR. Al-Bukhori dan Muslim dari Abu Hurairah).

loading...