HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Bongkahan Batu Giok Raksasa di Myanmar Sulit Dipindahkan

5

HARIANACEH.co.id, KACHIN – Sebongkah batu giok raksasa yang ditemukan di Myanmar harus dibiarkan begitu saja untuk sementara. Pemiliknya mengaku belum memiliki perlengkapan memadai untuk memindahkannya.

Berbobot 174 ton dengan panjang 5,8 meter, batu giok raksasa bernilai jutaan dolar itu ditemukan penambang di negara bagian Kachin pekan lalu. Batu ditemukan terkubur sedalam 60 meter di dalam sebuah gunung.

“Saat ujung batu ini digores, kami dapat melihat kualitas giok di dalamnya — kualitasnya sangat bagus,” kata Tint Soe, 56, seorang pejabat lokal pemilik batu tersebut.

Sebagian orang mengestimasi batu itu bernilai lebih dari USD170 juta. Soe mengatakan nilainya mungkin berkisar USD5,4 juta.

Giok biasa digunakan untuk jimat dan kalung. Namun Soe mengaku belum memutuskan apapun terhadap batu tersebut, karena memang belum bisa dipindahkan kemana-mana.

“Saat ini giok belum dapat dipindahkan karena tidak ada mesin yang bisa melakukannya di sini. Akses jalannya juga tidak ada,” tutur Soe, seperti dikutip AFP, Kamis (20/10/2016).

Myanmar adalah sumber bagi hampir seluruh giok terbaik di dunia. Giok adalah batu hijau berkilau yang bernilai tinggi di Tiongkok. Di Negeri Tirai Bambu, giok disebut sebagai batu surga.

Sejumlah perusahaan terkait junta Myanmar mendominasi perdagangan giok. Organisasi Global Witness memperkirakan nilai perdagangan giok di Myanmar mencapai USD31 miliar pada 2014. Jumlah tersebut hampir setara dengan separuh anggaran negara.

Menambang giok bukan perkara mudah. Beberapa kecelakaan kerap terjadi, seperti runtuhnya tambang yang menewaskan beberapa pekerja. Sekitar 100 orang tewas dalam tanah longsor besar di pertambangan giok Myanmar pada November tahun lalu.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time