Bongkahan Batu Giok Raksasa di Myanmar Sulit Dipindahkan

Sebongkah batu giok raksasa yang ditemukan di Myanmar harus dibiarkan begitu saja untuk sementara. Pemiliknya mengaku belum memiliki perlengkapan memadai 1 min


63
13 shares, 63 poin

HARIANACEH.co.id, KACHIN – Sebongkah batu giok raksasa yang ditemukan di Myanmar harus dibiarkan begitu saja untuk sementara. Pemiliknya mengaku belum memiliki perlengkapan memadai untuk memindahkannya.

Berbobot 174 ton dengan panjang 5,8 meter, batu giok raksasa bernilai jutaan dolar itu ditemukan penambang di negara bagian Kachin pekan lalu. Batu ditemukan terkubur sedalam 60 meter di dalam sebuah gunung.

“Saat ujung batu ini digores, kami dapat melihat kualitas giok di dalamnya — kualitasnya sangat bagus,” kata Tint Soe, 56, seorang pejabat lokal pemilik batu tersebut.

Advertisements

Sebagian orang mengestimasi batu itu bernilai lebih dari USD170 juta. Soe mengatakan nilainya mungkin berkisar USD5,4 juta.

Giok biasa digunakan untuk jimat dan kalung. Namun Soe mengaku belum memutuskan apapun terhadap batu tersebut, karena memang belum bisa dipindahkan kemana-mana.

“Saat ini giok belum dapat dipindahkan karena tidak ada mesin yang bisa melakukannya di sini. Akses jalannya juga tidak ada,” tutur Soe, seperti dikutip AFP, Kamis (20/10/2016).

Advertisements

Myanmar adalah sumber bagi hampir seluruh giok terbaik di dunia. Giok adalah batu hijau berkilau yang bernilai tinggi di Tiongkok. Di Negeri Tirai Bambu, giok disebut sebagai batu surga.

Sejumlah perusahaan terkait junta Myanmar mendominasi perdagangan giok. Organisasi Global Witness memperkirakan nilai perdagangan giok di Myanmar mencapai USD31 miliar pada 2014. Jumlah tersebut hampir setara dengan separuh anggaran negara.

Menambang giok bukan perkara mudah. Beberapa kecelakaan kerap terjadi, seperti runtuhnya tambang yang menewaskan beberapa pekerja. Sekitar 100 orang tewas dalam tanah longsor besar di pertambangan giok Myanmar pada November tahun lalu.

Advertisements
Advertisements

Bagikan ke teman anda!

63
13 shares, 63 poin

Komentar

Apa Reaksi Anda?

Suka Suka
0
Suka
Takjub Takjub
0
Takjub
Kaget Kaget
0
Kaget
Takut Takut
0
Takut
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Image
Photo or GIF
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Countdown
The Classic Internet Countdowns