HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pria Ini Jadi Buronan di Spanyol Karena Tipu Pacar Rp13 M

8

HARIANACEH.co.id, SOMERSET – Seorang pria asal Somerset yang telah menipu pacarnya senilai GBP850.000 atau setara Rp13,5 miliar sedang dicari otoritas Spanyol.

Mark Richard Acklom, 43, diburu berdasarkan Surat Perintah Penangkapan Eropa (EAW) setelah menipu seorang tertipu di Bath, sebuah kota pedesaan di barat laut Inggris, pada 2013.

“Korban dalam kasus ini ditipu hingga mengeluarkan sejumlah uang oleh pria yang menjalin hubungan dengannya, yang mengaku bekerja di dunia perbankan Swiss dan belakangan mengaku bertugas untuk badan intelijen,” kata Inspektur Detektif Adam Bunting dari kepolisian Avon dan Somerset seperti dilansir Somerset Live, Kamis (20/10/2016).

“Wanita itu meminjamkan total GBP850.000 supaya sang pria bisa menyelesaikan pekerjaan renovasi pada sebuah rumah di Bath, tapi ia tidak mengerjakannya. Dia menghilang dengan uang itu dan si wanita tidak pernah mendengar kabarnya lagi,” tambahnya.

Pada Juni 2016, Kepolisian Avon dan Somerset memperoleh EAW untuk Mark Richard Acklom. Meereka diyakini Acklom sedang berada di Spanyol.

“Kami terus bekerja dengan sejumlah organisasi, termasuk Badan Kejahatan Nasional (NCA) dan otoritas Spanyol, dalam rangka mencari dan menangkap Mark Acklom sesegera mungkin,” tandasnya.

Permintaan telah diluncurkan NCA dan Crimestoppers sebagai bagian dari Operasi Captura — sebuah kampanye mengidentifikasi sepuluh buronan yang paling dicari Inggris, yang saat ini diyakini tinggal di Spanyol.

“Para buronan yang kita kejar dicari karena kejahatan serius dan harus kembali ke Inggris untuk diadili. Kami membutuhkan dukungan dari masyarakat untuk membantu kami menangkap mereka,” kata Steve Reynolds, kepala operasi internasional NCA.

loading...