HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pengelolaan Blok Masela Dipercepat Menteri ESDM

6

HARIANACEH.co.id, JAKARTA – Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan bahwa persoalan Blok Masela harus diselesaikan secepat mungkin. Hal ini supaya Blok Masela bisa memberikan dampak yang luar biasa bagi masyarakat.

“Itu harus memberikan dampak sebesar-besarnya kepada masyarakat setempat. Terutama itu,” kata dia di Istana Negara, Jakarta, Kamis (20/10/2016).

Dia berharap agar pembangunan proyek ini jangan tertutup, seperti benteng. Jika ini yang terjadi, masyarakat tak mendapatkan manfaat apapun dari eksplorasi yang melibatkan operator dari Jepang ini.

“Bahwa jika seandainya kompleks perumahannya 20 kilometer (km) dari pabrik maka operator harus membuat Blok Masela supaya dibuat jalan dan menikmati pembangunan. Pembangunan itu yang nantinya akan menyerap tenaga lokal,” kata dia.

Mantan Menteri Perhubungan ini juga menyampaikan bahwa Presiden joko Widodo meminta Blok Masela bisa dilakukan secepatnya. Pembangunan Blok Masela akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

“Ya secepatnya kalau bisa kan ini untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi ya. Kalau bisa hari ini,” tambah dia.

Dia mengatakan akan membahasnya dengan Wakil Menteri Arcandra Tahar. Pembahasan ini untuk mengetahui detail teknis dari pengelolaan Blok Masela yang akan melibatkan Inpex.

“Kita bagi tugas. Kan beliau kuat di teknis. Pengetahuan teknisnya banyak sekali,” jelas dia.

Dia bahkan meminta Arcandra agar mempercepat pengelolaan Blok Masela agar bisa dibawah target awal yang mencapai empat tahun.

“POD nya ini lagi dibahas untuk bikin dua tahun atau tiga tahun.Sependek mungkin. Kalau bisa setahun ya setahun atau dua tahun,” pungkas dia.

loading...