HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pengadilan Mesir Vonis Muhammad Mursi 20 Tahun Penjara

4

HARIANACEH.co.id – Pengadilan Mesir telah menetapkan vonis 20 tahun penjara bagi mantan presiden Mesir, Muhammad Mursi pada Sabtu (22/10). Demikian penuturan dari sumber pengadilan kepada Reuters.

Putusan itu diberikan atas tuduhan pembunuhan demonstran pada tahun 2012. Ini adalah keputusan terakhir pengadilan, ia tidak bisa mengajukan banding lebih lanjut terhadap hal itu.

Para pembesar Ikhwanul Muslimin mengonfirmasi hukuman dua puluh tahun terhadap Mursi, seperti Mohamed el-Beltagy dan Essam el-Erian. Mursi dipenjara pada bulan April 2015 atas tuduhan termasuk penculikan, penyiksaan dan pembunuhan demonstran selama kerusuhan di 2012.

Ikhwanul Muslimin menyangkal bertanggung jawab atas tuduhan ini, dan mengatakan bahwa sebagian besar dari mereka yang tewas justru dari jajaran anggotanya.

Mursi dihukum dalam tiga kasus lain, termasuk hukuman mati atas pengorganisasian massa Ikhwanul Muslimin selama 2011 atas pemberontakan melawan Presiden lama Hosni Mubarak, dan tuduhan konspirasi mata-mata dengan kelompok Palestina Hamas.

Muhammad Mursi secara sah terpilih menjadi presiden pertama dalam pemilu Mesir pada Juni 2012. Sebuah kudeta militer mengambil alih kepemimpinan Mursi pada 2013 menyusul protes massa terhadap pemerintahannya. Ratusan islamis tewas dan ribuan ditahan.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time