HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Perayaan Cassette Store Day di Kota Banda Aceh

8

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH – Cassette Store Day adalah ajang sekaligus perayaan untuk lebih mengenali nilai penting dari sebuah rilisan fisik berbentuk kaset. Untuk pertama kalinya Cassette Store Day Chapter Aceh ini digelar di Rocket! Store & Rawkstreet, Lampineung, Banda Aceh (22/10). Hal ini menuai perhatian bagi beberapa kalangan musisi dan komunitas. Acara ini berlangsung mulai pukul 17.00 sampai pukul 23.00 WIB.

Pamer rilisan fisik berbentu kaset. (HARIANACEH.co.id/R. Denny Syahputra)
Pamer rilisan fisik berbentuk kaset. (HARIANACEH.co.id/R. Denny Syahputra)

Perayaan internasional yang terinspirasi dari Record Store Day ini sebelumnya juga digelar di beberapa kota di Indonesia. Awalnya event ini dimulai pada tahun 2013 lalu oleh sekelompok Record Label yang berdomisili di Inggris. Sebuah perayaan yang hampir sama tapi hanya format fisiknya yang berbeda. Perbedaan pada Records Store Day lebih mendukung kepada pihak toko yang menjual vinyl. Oleh karena itu cassette store day ini cenderung lebih merayakan format kaset tersebut.

Koleksi kaset. (HARIANACEH.co.id/R. Denny Syahputra)
Koleksi kaset. (HARIANACEH.co.id/R. Denny Syahputra)

“Acara Cassette Store Day untuk pertama kalinya diselenggarakan di Aceh khususnya di Kota Banda Aceh. Walaupun masih sangat minim pengunjungnya, tapi tujuannya tetap untuk membentuk rasa cinta terhadap rilisan fisik, serta ingin bilang kepada kawan-kawan dengan membeli rilisan fisik adalah bentuk dukungan terhadap karya dari suatu band,” jelas Hilman selaku penyelenggara CSD 2016 Chapter Aceh.

“Karena pertama kali diselenggarakan di Aceh, jadi masih banyak yang belum aware tentang konsepnya, acara juga masih terbilang sepi. Harapannya setelah acara ini orang kedepannya lebih semangat dengan Cassette Store Day, suasana yang lebih hidup, tukar menukar kaset, jual-beli, serta pamer koleksi dan pengunjung yang bervariasi,” jelas Cut Nadhira selaku owner Rocket! Store Banda Aceh.

Koleksi kaset. (HARIANACEH.co.id/R. Denny Syahputra)
Koleksi kaset. (HARIANACEH.co.id/R. Denny Syahputra)

Selain itu beberapa pengunjung dari berbagai kalangan juga hadir dalam perayaan CSD 2016 Chapter Aceh ini untuk mengapresiasi keberlangsungan acara. “Acara ini mengingatkan kita pada sejarah musik pada awalnya, mengenal musik dari rilisan fisik. Dengan cara seperti ini penikmat musik bakal lebih aware pada rilisan fisik,” jelas Oji Pradana selaku penikmat rilisan fisik. “Sangat mengapresiasi sekali adanya acara seperti ini, dan pertama kali di Aceh. Harapannya tetap ada event seperti ini agar rilisan fisik bisa hidup kembali.” jelas Irfan Syahputra.

“Sangat apresisasi bagi penyelenggara yang sudah berniat menggelar event semacam ini. Adanya selebrasi CSD 2016 ini, ada secuil harapan bagi penggemar rilisan fisik untuk bernostalgia betapa bangganya mempunyai rilisan fisik band yang kita sukai, karena mengingat pepatah, “jangan bilang sayang kalau kita belum bersentuhan fisik”, jelas Teuku Fariza selaku penikmat rilisan fisik.

Cassette Store Day Chapter Aceh. (HARIANACEH.co.id/R. Denny Syahputra)
Cassette Store Day Chapter Aceh. (HARIANACEH.co.id/R. Denny Syahputra)

Pada kenyataannya perayaan cassette store day ini, records label dan band diharapkan untuk terus merilis musik mereka dalam bentuk sebuah kaset.[]

 

Editor: Irsyad Feisal Ahmad

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time