HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Windows 10 Live Event: 10 Inovasi Baru Microsoft

1

HARIANACEH.co.id – Bertempat di New York City, Microsoft menggelar sebuah acara akbar yang dinamakan “Windows 10 Live Event” pada tanggal 26 Oktober 2016 kemarin. Sesuai dengan namanya, salah satu butir acara di dalamnya adalah memperkenalkan update terbaru Windows 10, memperluas ekosistem Windows 10, serta memperkenalkan jajaran hardware terbaru Microsoft ke publik.

Acara yang juga disiarkan secara live streaming ini ternyata menyajikan beberapa inovasi baru yang diperkenalkan oleh Microsoft, antara lain:

1. Windows 10 Redstone 2

Setelah Microsoft merilis update besar untuk Windows 10 yang disebut dengan “Anniversary Update (AU)” atau biasa kita kenal dengan Redstone 1, maka Microsoft akhirnya merilis update utama berikutnya untuk Windows 10 yang dinamai dengan “Windows 10 Redstone 2”.

Adapun  Redstone 2 atau biasa disingkat “RS2” adalah memuat semua hal tentang produktivitas dan perbaikan di Windows 10 secara umum. Selain itu Microsoft juga menghadirkan fitur baru untuk versi update baru Windows 10 Mobile ini seperti Office Hub, OneClip dan banyak lagi, termasuk interface baru. Microsoft di live streaming acara Windows 10 Live Event mengatakan bahwa Windows 10 Redstone 2 dijadwalkan untuk rilis di Maret 2017. Dan kemungkinan update berikutnya yakni Redstone 3 akan memulai debutnya pada musim panas 2017.

 2. Microsoft Surface Generasi Terbaru

Microsoft memperkenalkan perangkat Surface terbarunya, yang dibekali dengan prosesor Intel terbaru yang memiliki kodenama “Kaby Lake” Core i3, i5 dan i7. Penggunaan prosesor Intel terbaru ini diklaim mampu mengurangi panas, peningkatan performa, juga meningkatkan Speed Shift. Dinamakan sebagai Microsoft Surface Studio, perangkat ini sudah dapat dipesan mulai 26 Oktober 2016 dengan harga USD$2.999 (Rp.38 jutaan).

3. Ponsel Surface

Di acara ini, Microsoft memperkenalkan smartphone Surface yang ramai dikabarkan beberapa bulan terakhir ini. Memang sih, Microsoft terlihat sudah menghentikan produksi smartphone Lumia-nya, dan terlihat sudah “tidak tertarik” untuk mengembangkan Lumia. Namun bukan berarti Microsoft mati langkah untuk mengembangkan ekosistem  Windows 10 Mobile mereka ke jajaran smartphone Surface mereka.

4. Surface Studio (All-in-One PC)

Inilah produk terbaru besutan Microsoft yang banyak ditunggu-tunggu oleh semua penggemarnya. AiO adalah salah satu inovasi perangkat yang dinantikan di event Microsoft di acara ini. Adapun device Microsoft yang disebut Surface Studio ini memiliki layar yang dapat dilepas, dukungan tinta Windows Ink dan tergolong sebagai perangkat modular.

Studio memiliki layar beresolusi 4K dan akan tersedia dalam 3 varian layar yakni 21 inci, 24 inci dan 27 inci. Perangkat ini akan memungkinkan Anda untuk membangun “studio” keren di meja kerja Anda, semua bisa disulap dan dirancang sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. HomeHub

Di acara ini pun Microsoft memperluas layanan mereka dengan memperkenalkan HomeHub, yang diperkuat dengan asisten virtual Cortana. Microsoft terlihat sangat ambisius dan optimis  dengan menggarap layanan peralatan rumah tangga yang terhubung dengan HomeHub, sejak Cortana digarap menjadi lebih powerful dan lebih cerdas.

6. Microsoft Band 3

Pasca Microsoft menghilangkan Microsoft Band 2 dari katalog Windows Store, mengisyaratkan bahwa Microsoft sudah menyiapkan generasi penerusnya yang akan diperkenalkan di event ini. Dan perangkat yang disebut Microsoft Band 3 tersebut  memiliki berbagai peningkatan spesifikasi dibandingkan dengan Microsoft Band 2, termasuk desain, dan kapasitas baterai.

7. Project Centennial

Project Centennial berfungsi sebagai alat “bridging” antara aplikasi Win32 (aplikasi desktop) dan Universal Windows Platform. Dengan tools yang dinamakan Project Centennial semua developer atau pengembang aplikasi akan dapat menjalankan tes pada aplikasi Win32 besutan mereka sendiri, dan  memasang berbagai fitur dan fungsi UWP tambahan dan juga dapat memasukkan aplikasi garapan ke Windows Store. Hal ini perlu dilakukan Microsoft, dengan tujuan untuk menumbuhkan ekosistem Winodws di masa depan.

8. Versi Baru MS Paint

Di event ini, Microsoft memperkenalkan versi baru dari MS Paint. Dan luar biasanya, di MS Paint versi baru ini, akan mendukung tampilan gambar 3D yang disajikan tampak “hidup”, realistik, dan jauh lebih indah. Jelang Microsoft memperkenalkan MS Paint ke publik, Microsoft sempat memposting video demo preview tentang versi terbaru Microsoft Paint ini di YouTube. Di video ini, Anda akan melihat berbagai update unik, dan canggih yang dihadirkan oleh Microsoft di MS Paint.

9. HoloLens

Microsoft terlihat makin fokus pada pengembangan teknologi 3D, namun tidak akan lengkap tanpa HoloLens. Perangkat terbaru HoloLens ini akan melibatkan shell Windows Holographic yang muncul di versi terbaru Windows 10, dan dibekali dengan  kemampuan untuk plug-in headset langsung ke dalam perangkat ini melalui PC yang berbasis Windows 10. Microsoft mengatakan bahwa  HoloLens 3D akan meningkatkan pengalaman pengguna PC berbasis Windows 10 untuk merasa lebih dekat dengan pengalaman 3D.

10. XBOX Generasi Terbaru dan Bocoran Project Scorpio

Di sesi akhir dari event Windows 10 Live Event tersebut, Microsoft memfokuskan pada gagasan pengalaman realitas “campuran” antara pengembangan teknologi Virtual Reality (VR) dan headset Augmented Reality (AR) besutan mereka sendiri, dan itu cukup  menunjukkan bahwa Microsoft  akan meluncurkan headset VR terbaru. Tak hanya itu, Microsoft juga membahas upaya game cross-platform untuk Windows 10 dan Xbox.

Xbox Play Anywhere dianggap cukup populer dan masih dapat terus dikembangkan oleh Microsoft, tetapi masih ada banyak pekerjaan lain yang harus dilakukan oleh Microsoft untuk menggabungkan game yang canggih di dua platform. Sementara itu, di event ini Microsoft juga mengungkapkan rencana mereka untuk merilis konsol  game terbaru mereka yang digarap dari Project Scorpio. Microsoft mengatakan konsol ini baru siap tahun depan.

loading...