HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Park Geun-hye Didemo Ribuan Orang Untuk Segera Mundur

5

HARIANACEH.co.id, SEOUL – Ribuan warga Korea Selatan (Korsel) menuntut Presiden Park Geun-hye mundur. Tuntutan ini di dorong skandal Choi Soon-sil, seorang teman dekat Park, yang dinilai mendapatkan pengaruh yang tidak semestinya di pemerintahan dan mendapatkan keuntungan finansial dari hubungan pertemanan tersebut.

Warga melakukan unjuk rasa menuntut kejaksaan menyelidiki presiden dan pejabat lainnya yang dianggap telah melanggar hukum. Para warga yang marah mengatakan Park telah menghianati kepercayaan publik dan tidak berhasil memimpin pemerintahan. “Dia harus mundur,” kata Lee Jae-Myung, Wali Kota Seongnam, kota pinggiran Seoul seperti dilansir REUTER, Sabtu (29/10).

Lee yang juga pengkritik keras pemerintah, memimpin warga melakukan unjuk rasa. Menurut polisi sekitar delapan ribu orang yang ikut turun ke jalan. Sementara penyelenggara demonstrasi tersebut mengklaim ada tiga puluh ribu orang yang ikut berunjuk rasa. “Jika Park Geun-hye tidak menjadi presiden lagi akankah hidup kita lebih buruk? akan akan konflik dengan Korea Utara lebih buruk,” Lee Jae-Myung kepada demonstran. “Tidak!” jawab demonstran serentak.

Polisi anti huru-hara Korsel sempat bentrok dengan pengunjuk rasa yang mencoba berbaris di depan Gedung Biru, sebutan untuk kantor kerja Presiden Korsel. Park sudah pada tahun keempat dari lima tahun pemerintahannya. Partai-partai oposisi pun telah mendesak untuk penyelidikan menyeluruh. “Ini jelas-jelas sebuah keputusan yang salah dan orang-orang telah memilih presiden yang salah,” kata Jeong Hong-woo (22 tahun) salah satu pengunjuk rasa.

Sumber dalam pemerintah mengatakan, Presiden Park sudah memintah pejabat-pejabat seniornya mengundurkan diri. Ia juga akan melakukan reshuffle dalam waktu dekat. Dalam sebuah jejak pendapat sekitar 40 persen responden menyatakan Park Geun-hye harus turun dari jabatannya.

loading...