HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pengamat Politik AS Hikam: SBY Gerah dengan Jokowi

6

HARIANACEH.co.id, JAKARTA – Mantan presiden yang juga Ketua Dewan Pembina dan Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono gerah dengan pemerintahan Jokowi. Apalagi banyak kader Partai Demokrat dan bekas menteri SBY yang terseret  kasus korupsi.

Demikian pendapat pengamat politik  AS. Hikam menyikapi pertemuan SBY dengan Wiranto, pertemuan SBY dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan rencana pernyataan polisik Partai Demokrat hari ini di Cikeas.

“Makanya dia bertemu dengan Wiranto. SBY tidak menemui Jokowi langsung mungkin karena ada sesuatu. Saya tidak tahu pasti,” kata Hikam seperti dilansir Rimanews.

Hikam mengakui, Jokowi berhasil memimpin negeri ini selama dua tahun. Pembangunan juga berjalan. “Tapi elite politik gerah dengan keberhasilan Jokowi termasuk PDIP yang tidak happy dengan Jokowi karena Jokowi independen,” katanya.

Jokowi, menurut Hikam, menjadi sasaran para elite yang  tidak menyukainya, dan Jokowi tahu akan hal itu.

“Jokowi sengaja memilih Prabowo karena dia tahu Prabowo memiliki basis masa terutama di kelompok-kelompok Islam. Beda dengan SBY yang tidak memiliki basis massa di kelompok Islam,” kata Hikam.

Bahkan, menurut Hikam, ada kemungkinan, demonstrasi 4 November mendatang, yang menjadi sasaran justru Jokowi, bukan Ahok.

“Ahok hanya sasaran antara, sasaran tembak utamanya adalah Jokowi. Kalau tidak, ngapain Jokowi repot ke sana ke mari menemui Prabowo? Tapi ini masih kemungkinan,” ujarnya.[]

loading...