HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Polisi Segel Area Militer di Skotlandia Saat Usut Tewasnya Tentara

2

HARIANACEH.co.id, Edinburgh – Polisi menyegel sebuah area latihan pengeboman Angkatan Udara Inggris (RAF) di Dataran Tinggi Skotlandia menyusul laporan tewasnya seorang tentara dan satu lainnya yang terluka.

Polisi dipanggil ke RAF Tain di Dornoch Firth di Easter Ross pada Selasa, pukul 17:55 waktu setempat untuk menyelidiki insiden. Laporan yang belum terkonfirmasi menunjukkan satu orang ditembak mati dan seorang lagi cedera dalam latihan. Lokasi ini biasa digunakan oleh angkatan udara dan militer Inggris, yang juga memiliki area latihan menembak dengan senapan dan pistol.

“Kami menyadari insiden di basis Tain, dekat Inverness. Kami akan merilis informasi lebih lanjut segera bila sudah tersedia. Tidak pantas bagi kami untuk berkomentar lebih lanjut pada saat ini,” kata seorang juru bicara militer seperti dilansir Guardian, Rabu (2/11/2016).

Juru bicara kepolisian Skotlandia mengatakan: “Polisi saat ini berada di RAF Tain menyusul laporan adanya insiden. Panggilan diterima polisi pukul 17:55 dan petugas segera berangkat ke lokasi kejadian.”

Tain digunakan angkatan bersenjata Inggris, angkatan udara Amerika Serikat, dan pasukan udara negara NATO lainnya untuk pengeboman dan lainnya. Lokasi ini memiliki 18 target terpisah yang disesuaikan dengan berbagai senjata dan beragam metode latihan.

Satuan tempur Typhoons dan Tornados dari AU Inggris di Lossiemouth adalah pengguna udara utama area ini. Tain juga meliputi kawasan Cape Wrath, dekat desa Durness.

Kedua area itu merekrut sejumlah pekerja kontrak sipil yang mengelola perkebunan, membantu menjaga menara kontrol, mengamati skor akurasi dalam latihan target, dan mengurus izin persenjataan di lokasi tersebut.

Insiden itu terjadi kurang lebih dua bulan setelah seorang tentara tewas ditembak saat latihan serupa di daerah pelatihan Otterburn di Northumberland.

Bintara Conor McPherson, 24, anggota Black Watch, Batalyon ke-3, Resimen Royal of Scotland, menderita luka kepala serius pada 22 Agustus. Hanya sebulan lebih sebelum kematian McPherson, seorang tentara tewas pada latihan di hari terpanas tahun ini di Powys, Wales Tengah.

Joshua Hoole, asal Ecclefechan dekat Lockerbie, Dumfries and Galloway, menjalani pelatihan pra-kursus untuk Kursus Pertempuran Sersan Peleton ketika tewas pada 19 Juli. Anggota berusia 26 tahun dari resimen Rifles itu tumbang setelah ambil bagian dalam tes kebugaran dekat Dering Lines di pusat pelatihan infanteri dekat Brecon sekitar pukul 06:30 waktu setempat.

Polisi sedang menyelidiki penyebab kematian Hoole dan McPherson.

loading...