HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Indonesia Kirim Ratifikasi Perjanjian Paris Terkait Isu Perubahan Iklim

5

HARIANACEH.co.id, JAKARTA – Wakil Indonesia untuk PBB di New York yakni Duta Besar Dian Triansyah Djani, didampingi Direktur Jenderal Hukum Internasional dan Perjanjian, Ferry Adamhar, telah mengajukan pengesahan Piagam Perjanjian Paris tentang perubahan iklim.

Seperti yang dikutip dari Antara, (3/11/2016) berdasarkan siaran pers yang dikeluarkan oleh wakil Indonesia untuk PBB di New York menyatakan bahwa piagam itu diserahkan ke Santiago Villalpando, seorang pejabat senior di Kovenan Kantor PBB International pada Senin, 31 Oktober 2016.

Dengan penyerahan piagam tersebut, Indonesia telah memenuhi janjinya untuk menyelesaikan proses ratifikasi Perjanjian Paris sebelum pelaksanaan Konferensi 22 Global Perubahan Iklim (CoP) pada 7-8 November 2016 di Marrakesh, Maroko.

Dubes Djani menghargai kerja keras dimasukkan ke dalam oleh Santiago Villalpando untuk memastikan bahwa ratifikasi Perjanjian Paris dapat dilakukan lebih cepat dari yang diharapkan.

Sampai dengan 31 Oktober 2016, ada 89 negara, termasuk Indonesia yang telah meratifikasi Perjanjian Paris. Duta Besar Djani menegaskan kembali, komitmen Indonesia untuk melaksanakan Kesepakatan Paris untuk mengurangi emisi gas rumah kaca Indonesia sebesar 29 persen pada 2030.

Sementara itu, Santiago Villalpando menyambut dokumen ratifikasi disampaikan oleh Dubes Djani. Ia menunjukkan bahwa Indonesia dapat memainkan peran kunci dalam berurusan dengan perubahan iklim.

Perjanjian Paris menggantikan Protokol Kyoto dan menekankan komitmen untuk menjaga suhu bumi global di bawah 2 derajat Celsius.

loading...