HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pangeran Arab Saudi Dihukum Cambuk di Penjara Jeddah

1

HARIANACEH.co.id, DUBAI – Pangeran Arab Saudi dari keluarga kerajaan Al Saud dicambuk di penjara Jeddah sebagai bagian dari hukuman yang diperintahkan pengadilan.

Seperti yang dilansir Reuters (3/11/2016), surat kabar Saudi, Okaz mengatakan, pencambukan itu berlangsung satu bulan setelah kerajaan Arab Saudi menghukum mati satu pangeran lain karena melakukan pembunuhan.

Cambuk terhadap pangeran itu dilaksanakan pada Senin oleh seorang polisi setelah anggota keluarga kerajaan itu menjalani pemeriksaan kesehatan untuk memastikan bahwa ia cukup kuat untuk menerima cambukan.

Pemberitaan soal pencambukan terhadap pangeran jarang terjadi. Sejumlah pengguna media sosial Saudi mengatakan pencambukan itu menunjukkan bahwa hukum Islam tidak membeda-bedakan antara seorang pangeran dan orang-orang Saudi biasa.

Sejumlah lainnya mencurigai bahwa pemecutan terhadap pangeran tersebut merupakan taktik untuk menenangkan keresahan masyarakat menyangkut pengetatan ekonomi oleh pemerintah.

Namun sayangnya, laporan surat kabar itu tidak mengatakan berapa cambukan yang diterima oleh sang pangeran.

Human Rights Watch, yang mengutip pegiat hak asasi manusia Arab Saudi, mengatakan bahwa pencambukan lazim dilakukan dengan menggunakan tongkat kayu ringan ke arah punggung serta kaki dan dapat menimbulkan luka memar, namun tidak sampai merusak kulit.

Sampai saat ini, Juru bicara Kementerian Kehakiman kerajaan belum dapat dimintai tanggapan.

loading...