HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

4 Tips Mudah Mengajak Anak-Anak Membereskan Kamarnya

1

HARIANACEH.co.id, JAKARTA – Beberapa anak-anak menolak untuk membersihkan kamarnya dan malah lebih suka membiarkan semua barang-barangnya berserakan begitu saja. Mulai dari buku, mainan, baju, kaus kaki, hingga aksesori yang tidak disimpan di tempat yang seharusnya, sehingga kamar menjadi seperti kapal pecah.

Lalu apa yang bisa Anda lakukan sebagai orangtua? Supaya anak-anak tidak mengeluh kehilangan barang-barang karena sembarangan menyimpan, ajak mereka untuk membereskan kamarnya dengan cara ala Rumah.com berikut ini.

1. Memberikan contoh yang baik

Bagaimana keadaan kamar tidur Anda? Berikan contoh kamar tidur yang rapi kepada anak. Ajak anak ke kamar tidur Anda dan katakan bahwa kamar tidur yang rapi akan membuat orang-orang bisa bersantai dan beristirahat dengan nyaman di dalamnya.

Sebaliknya, beri tahu juga jika kamar tidur yang berantakan akan membuat pemiliknya kesulitan untuk beristirahat dengan nyaman.

2. Menyediakan kotak penyimpanan

Berikan beberapa kotak penyimpanan kepada anak. Setelah itu ajak anak untuk memberikan sendiri label pada setiap kotak penyimpanan, misalnya kotak untuk menyimpan mainan, kotak untuk menyimpan buku, dan kotak untuk menyimpan kaus kaki.

Katakan pada anak untuk mulai menyimpan barang-barangnya di kotak penyimpanan sesuai dengan label yang ia tentukan sendiri. Bantu anak untuk memahami bahwa menyimpan barang-barang di tempat yang seharusnya akan membuat anak menjadi lebih teratur dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

3. Mendekorasi ruangan

Ajak anak-anak untuk mendekorasi ulang kamarnya. Jika anak ingin memindahkan beberapa furnitur, maka bantu anak Anda untuk mengatur ulang posisi furnitur ke sudut yang ia inginkan. Cara ini akan membangun keinginan anak untuk menjaga kamar tetap rapi.

4. Satu hari untuk membereskan kamar

Biasanya anak-anak akan merasa keberatan untuk membereskan kamar setiap pagi. Oleh karena itu, untuk mulai membiasakan anak-anak membereskan kamar, Anda bisa menentukan satu hari untuk bersih-bersih.

Contohnya, ajak anak untuk meluangkan waktu selama 30 menit di hari Sabtu sore untuk membereskan semua mainannya. Kemudian di hari Sabtu pada minggu berikutnya, ajak anak-anak untuk mengatur rak buku. Lama-kelamaan anak akan terbiasa dengan rutinitas ini dan tidak lagi keberatan untuk merapikan isi kamarnya,

loading...