HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Presiden Korea Selatan Dituntut Ribuan Warga Mundur

2

HARIANACEH.co.id, Seoul – Ribuan orang turun ke jalan di Seoul, Korea Selatan, Sabtu (5/11/2016). Mereka menuntut Presiden Korea Selatan Park Geun-hye mundur dari jabatannya.

Dilaporkan Reuters, selain turun ke jalan, sebanyak 43 ribu orang juga melakukan aksi menyalakan lilin. Koordinator aksi mengklaim, jumlah tersebut terus bertambah hingga mencapai 100 ribu orang.

“Meskipun kami hanya siswa, kami tidak bisa diam saja dengan keadaan. Kami harus ikut dalam aksi ini,” jelas salah seorang peserta aksi demonstrasi, Byun Woo-hyuk.

Jumlah demonstran yang memenuhi jalanan Ibu Kota Korea Selatan ini merupakan terbanyak dalam beberapa tahun terakhir. Aksi besar juga sempat terjadi saat demonstrasi pada 2008 terkait impor daging dari Amerika Serikat.

Park Geun-hye dituduh terlibat dalam skandal korupsi besar. Kasus ini mengemuka usai salah seorang teman dan penasihat informannya, Choi Soon-Sil, didakwa melakukan penyalahgunaan kekuasaan.

Atas kasus itu, warga Korea marah. Mereka mengatakan, Park merupakan Presiden Korea terakhir yang terseret dalam skandal yang melibatkan keluarga ataupun kerabat. Park dinilai telah mengkhianati publik dan tidak mampu mengelola pemerintahan.

Menurut poling Gallup, penerimaan masyarakat Korea Selatan kepadanya turun ke angka lima persen. Jumlah tersebut merupakan yang paling rendah untuk seorang Presiden Korea Selatan sejak poling dimulai 1988.

Masih menurut Reuters, jika berhasil digulingkan, maka, Park menjadi presiden pertama yang tidak dapat menyelesaikan lima tahun masa jabatannya sebagai presiden.

loading...