HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Terkait Demo Rusuh 4 November, DPR Akan Panggil Kapolri

3

HARIANACEH.co.id, JAKARTA – Komisi III DPR RI berencana memangil Kapolri Jenderal Tito Karnavian terkait kerusuhan saat demo besar-besaran, Jumat 4 November lalu. DPR  menyoroti tidak adanya kekompakan antara Kapolri dengan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan saat meredam kebrutalan massa.

Menurut anggota Komisi III DPR dari Fraksi Gerindra, Desmond J Mahesa, perintah Kapolri untuk menghentikan penembakan gas air mata tidak diindahkan lantaran personel di lapangan tersulut arahan Kapolda agar dilakukan tembak di tempat.

“Saya kira bukan salah Kapolri. Saya melihat Kapolda DKI ini statemennya yang tembak ditempat menjadi pemicu, suara Kapolri tidak didengar. Ini membuktikan tidak ada koordinasi kapolri dengan kapolda,” ujar Desmond seperti dilansir Rimanews.

Untuk itu, Komisi III memandang perlu ntuk memanggil Kapolri setelah masa reses berakhir nanti. Kapolri akan dimintai penjelasan proses hukum atas dugaan tindak pidana penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sehingga menyebabkan terjadinya unjuk rasa berujung rusuh Jumat malam.

“Kenapa penanganan ini jadi bertele-tele. Demo ini kan atas dampak dari tidak ketegasan proses hukum Bareskrim oleh saudara Ahok, dan masyarakat tidak puas,” ungkap Desmond.

Desmond juga mendesak kepada Presiden Jokowi untuk bisa berkaca dari aksi unjuk rasa 4 november kemarin meski berakhir dengan kericuhan.

“Saya kira ini Pembelajaran bagi Jokowi jangan anggap enteng rakyat,” tutupnya.

loading...