HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Basuki Tjahaja Purnama Hari Ini Resmi Diperiksa Pihak Kepolisian

1

HARIANACEH.co.id, JAKARTA – Calon Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, hari ini, Senin (7/11/2016) dipanggil secara resmi oleh Bareskrim untuk diperiksa dan diminta keterangannya dalam kasus dugaan penistaan agama. Dari informasi yang dihimpun HARIANACEH.co.id, Ahok diminta hadir di Bareskrim pada pukul 09.00 WIB.

Memberikan penjelasan kepada wartawan di Kantor Presiden, Sabtu pekan lalu, Kapolri Jenderal Tito Karnavian meminta wartawan untuk meliput agar mengetahui dengan sungguh-sungguh yang dilakukan oleh polisi. Menurut Tito, selain Ahok, Bareskrim akan meminta keterangan saksi dari MUI, tujuh saksi dari penyidik, tiga saksi ahli bahasa, agama dan ahli hukum pidana. Keterangan mereka diperlukan untuk melengkapi berkas penyelidikan Ahok.

Kamis pekan lalu, ketika berkampanye di kawasan Pasar Minggu, Jakarta, Ahok menyatakan akan akan datang ke Bareskrim. Dia mengaku mengetahui pemanggilan dirinya dari acara “Mata Najwa”. Ahok mengaku, sebagai warga negara yang baik, dia akan datang kalau dipanggil polisi.

Sebelumnya, pada 24 Oktober lalu, Ahok mendatangi Bareskrim atas inisiatif sendiri untuk menyelesaikan polemik yang terjadi atas kasus tersebut. Sebelum ke Bareskrim, dia singgah ke Istana menemui Jokowi.

Ahok dituding melakukan penistaan terhadap agama Islam, menyusul pernyataannya yang disampaikan di depan warga di Kepulauan Seribu, beberapa waktu lalu. Pernyataannya tentang Al Quran, Surat Al Maidah ayat 51 kemudian menimbulkan protes keras di kalangan umat Islam karena menilai Ahok dinilai tidak etis dan tidak layak mencampuri ajaran agama lain.

Kasus Ahok berkepanjanjangan karena polisi tidak segera memeriksa Ahok. Aksi ratusan ribu orang dari berbagai organisasi masyarakat 4 November, Jumat pekan lalu adalah luapan kekecewaan kepada aparat dan pemerintah, agar tidak melindungi Ahok dan segera memeriksanya.[]

loading...