HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kemenpar Kembangkan Industri Pariwisata Sabang

1

HARIANACEH.co.id, SABANG — Kementerian Pariwisata berkomitmen mengembangkan industri pariwisata di Kota Sabang untuk meningkatkan perekonomian.

“Bapak Menteri Pariwisata Arif Yahya komitmen membangun serta mengembang Sabang sebagai salah satu destinasi pariwisata nasional bahkan internasional,” kata Kepala Dinas Pariwisata Sabang Zulfi Purnawati di Sabang, Senin (07/11).

Program nyata Kemenpar diantaranya adalah mempercayai lembaga yang bergerak di bidang pariwisata untuk melakukan sertifikasi para pelaku usaha pariwisata di Sabang. Ia menyampaikan, Kemenpar bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Provinsi, Kabupaten/Kota, Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) dan LSP Archipelagi untuk mendorong pertumbuhan industri pariwisata Indonesia.

“Wujud kepedulian Kemenpar, lembaga-lembaga yang bergerak dan fokus pada industri pariwisara tersebut dipercayai melakukan sertifikasi terhadap pelaku usaha pariwisata,” katanya.

Ia juga mengatakan, Kemenpar mempercayai lembaga yang bergerak pada industri pariwisata melakukan sertifikasi para pelaku usaha pariwisata di Sabang, kengiatan ini akan berlangsung dari tanggal 7-9 November 2016.

“Lebih dari 200 pelaku usaha Hotel, homestay, restaurant, travel dan tour guide akan disertifikasi di Sabang selama tiga hari,” sebut dia.

Setifikasi pelaku usaha pariwisata tersebut diharapkan dapat meningkatkan pelayanan jasa pariwisata di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

“Di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) ini pelaku usaha pariwisara Sabang, Aceh dan Indonesia secara umum harus siap memberikan pelayanan jasa sesuai standar internasional,” katanya lagi.

Ia juga menambahkan, Pemerintah Pusat sudah menetapkan Sabang sebagai KSPN dan diharapkan dengan berkembangkan industri pariwisata di pulau paling ujung barat Indonesia pertumbuhan ekonomi masyarakat merata sesuai dengan Nawacita Presiden Joko Widodo.[]

loading...