HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pasukan Libya Berhasil Bebaskan Warga Sipil dari Tahanan ISIS

5

HARIANACEH.co.id, TRIPOLI – Pasukan Libya berhasil membebaskan sekitar 14 warga sipil dari sekapan kelompok militan Islamic State (ISIS), pekan ini.

Pembebasan warga sipil ini juga termasuk dalam operasi perebutan kembali kota Sirte yang telah dikuasai oleh ISIS.

Pasukan Libya yang mayoritas berasal Misrata, mengatakan bahwa mereka sangat berhati-hati dalam operasi ini, khususnya untuk membebaskan warga sipil yang terperangkap di daerah perumahan kecil.

Seperti dilansir AFP, Senin (7/11/2016), ISIS telah secara penuh mengontrol Sirte sejak awal 2015. Kota berpenduduk sektiar 80.000 jiwa tersebut dikepung ISIS dan menjadi tempat penahanan warga sipil.

Posisi ISIS di Sirte kini semakin terjepit. Tank besar dan api berkobat di pinggiran Sirte dan terlihat ISIS tak melakukan perlawanan cukup besar.

Diketahui kini pasukan Libya sudah menguasai daerah Ghiza Bahriya di Sirte. Warga sipil yang dibebaskan pun kebanyakan adalah perempuan dan anak-anak.

Warga sipil ini diculik oleh ISIS saat mereka berusaha melarikan diri dari Libya untuk hijrah ke Eropa. Pasukan Libya yang didukung oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa ini pun merencanakan pembebasan warga sipil lagi yang masih tertahan.

Sejak 1 Agustus lalu, selain dibantu PBB, pasukan Libya juga dibantu oleh Amerika Serikat yang melancarkan lebih dari 360 serangan udara ke Libya.[]

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time