HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Tatang Koswara Sniper Terbaik di Dunia

7

HARIANACEH.co.id – Nama Tatang Koswara melegenda pasca  konflik perang di Timor Timur (1977-1978). Dalam buku Sniper Training, Techniques and Weapons namanya berada di urutan ke-14 daftar penembak jitu dunia saat itu. Dia bersanding dengan mana-nama sniper legendaris lainnya seperti Simo Hayha dan Nikolay Yakovlevich. Walaupun usai masa aktifnya dia muncul nama-nama sniper ternama dunia, namun Tatang tetap dianggap salah satu yang terbaik.

Dari berbagai sumber dan dalam banyak wawancara, Tatang menceritakan kiprahnya sebagai penembak jitu dimulai pada 1967 saat dirinya bergabung dengan TNI. Hingga di tahun 1974-1975, Tatang bersama tujuh rekannya terpilih masuk program mobile training teams (MTT) yang dipimpin pelatih dari Green Berets Amerika Serikat, Kapten Conway. Saat itu Indonesia belum memiliki antiteror dan sniper. Muncullah ide dari perwira TNI untuk melatih jagoan tembak, Tatang menjadi salah satu pilihan. Ia dan 59 anggota TNI AD dilatih sekitar dua tahun. Mereka dilatih menembak jitu pada jarak 300, 600, dan 900 meter. Dari dua tahun masa pelatihan, hanya 17 dari 60 orang yang lulus dan mendapat senjata Winchester model 70, dan Tatang salah satunya.

Setelah itu, Tatang ditarik Kolonel Edi Sudrajat, Komandan Pusat Pendidikan Infanteri (Pusdiktif) Cimahi, menjadi pengawal pribadi sekaligus sniper saat terjun ke medan perang di Timor Timur. Selama empat kali masuk ke medan perang, Tatang mengatakan, pelurunya telah membunuh 80 orang. Bahkan, dalam aksi pertamanya, dari 50 peluru, 49 peluru berhasil menghujam musuh. Lewat kelihaiannya itulah, Tatang didaulat menjadi salah satu sniper terbaik dunia, seperti dituliskan dalam buku yang ditulis Brookesmith itu. Tatang mencetak rekor 41 di bawah Philip G Morgan (5 TH SFG (A) MACV-SOG) dengan rekor 53 dan Tom Ferran (USMC) dengan rekor 41. Tatang memperoleh rekor tersebut dalam perang di Timor Timur. Tatang meninggal dunia pada 3 Maret 2015.[]

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time