HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Momen Pilpres Dijadikan Trump sebagai Hari Kemerdekaan

1

HARIANACEH.co.id – Donald Trump mendeklarasikan momen pemilihan umum presiden Amerika Serikat (AS) sebagai hari kemerdekaan.

“Hari ini adalah hari kemerdekaan kita,” ujar Trump dalam pidatonya di Grand Rapids, Michigan, seperti dikutip Associated Press, Selasa (8/11/2016) dini hari waktu setempat.

“Warga AS dari kalangan pekerja akan menyerang balik hari ini,” tegas dia, mengklaim mendapatkan banyak dukungan dari segmentasi tersebut.

Awalnya Trump dijadwalkan menggelar kampanye terakhir di New Hampshire. Namun satu acara tambahan dibuat seiring upaya tim kampanye Trump dalam meraup suara sebanyak-banyaknya dari negara-negara bagian basis kekuatan Partai Republik.

Menyinggung rivalnya Hillary Clinton dari Partai Demokrat, Trump menegaskan tidak membutuhkan dukungan dari selebritas seperti Jay Z, Beyonce atau Lady Gaga.

“Yang kita butuhkan adalah ide-ide hebat untuk membuat Amerika hebat kembali,” kata Trump, menggunakan slogan ‘Make America Great Again.’

Trump unggul dari Clinton di tiga distrik di New Hampshire dengan margin 32-25. Tiga kota kecil di New Hampshire, yakni Dixville, Hart’s Location dan Millsfield membuka tempat pemilihan suara pada dini hari dan langsung ditutup saat semua orang sudah memilih.

Clinton memenangkan banyak suara di Dixville dan Hart’s Location, namun Trump menang telak di Millsfield dengan margin 16-4.

Gary Johnson dari Partai Libertarion memenangkan tiga suara dalam skema pemilihan write-in (menuliskan nama secara manual). Bernie Sanders, John Kasich dan Mitt Romney juga mendapatkan beberapa suara via write-in.

Di bawah hukum New Hampshire, komunitas masyarakat dengan jumlah pemilih di bawah 100 orang diizinkan membuka tempat pemilihan suara pada dini hari dan menutupnya langsung setelah semua sudah memilih.

loading...