HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Brian McFeeters: Siapa pun Presidennya, Hubungan AS-Indonesia Tetap Kuat

1
HARIANACEH.co.id — Beberapa pandangan di dalam maupun luar Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa hasil pemilihan presiden baru AS mau tak mau akan memecah AS sendiri.
Namun, Wakil Duta Besar AS untuk Indonesia, Brian McFeeters mengatakan bahwa hal itu tidak akan terjadi.
“Tidak akan. Kami mempunyai mekanisme yang kuat untuk ini, jadi hasilnya tak akan memecah AS,” tegas McFeeteers di At America, Pacific Place, Jakarta, Rabu (9/11/2016).
Terlepas dari itu, McFeeters pun menyatakan capres yang kalah tak akan tak mengakui hasil nanti yang keluar.
“Soal hal itu, saya yakin semuanya berjalan baik dan transisi politik yang aman di AS,” ujarnya lagi.
Ketika ditanya hubungan AS dengan Indonesia terkait siapa pun yang nanti terpilih menjadi presiden, apakah itu Hillary Clinton maupun Donald Trump, McFeeters menegaskan bahwa hubungan dua negara tetap akan baik.
“Indonesia adalah negara kuat di Asia. Indonesia merupakan pemain di dunia internasional seperti di PBB dan G20. Siapa pun yang terpilih, saya yakin dia akan melanjutkan hubungan baik dengan Indonesia,” tutur McFeeters.
Ia juga menambahkan bahwa AS dan Indonesia terus menjaga hubungan bilateral dan telah mempunyai hubungan yang kuat sejak lama.
Hingga saat ini protes penghitungan suara masih berlangsung di AS. Donald Trump untuk sementara memimpin dengan 49 persen, sementara Hillary meraih 46,8 persen.
Sementara electoral college yang menjadi penentu hasil pemilu menunjukkan Trump mendapatkan 167 suara dan Hillary meraih 109 suara. Diperlukan 270 suara electoral college bagi tiap capres untuk memenangkan Pilpres AS 2016.[]
loading...