HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pemerintah Banda Aceh Teken Kerjasama Pemberantasan Korupsi

1

HARIANACEH.co.id, Sidoarjo – Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Banda Aceh Hasanuddin, menandatangani kesepakatan (MoU) kerjasama jaringan lintas daerah untuk memberantas korupsi dengan penerapan Sistem Pelayanan Perijinan Terpadu (SIPPADU) secara online dengan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, yang difasilitasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Selain SIPPADU yang ditandatangai di Pendopo Bupati Sidoarjo, Jawa Timur, Pemerintah Kota Banda Aceh juga manandatangi kesepakatan dengan Pemerintah Kota Surabaya tentang penggunaan aplikasi e-government.

“SIPPADU online dan e-government menjadi implementasi dalam pencegahan korupsi. Dua aplikasi ini akan segera kita terapkan di Kota Banda Aceh sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Plt Walikota Banda Aceh di Sidoarjo, Selasa (8/11).

Kata dia, SIPPADU yang telah diterapkan Pemkab Sidoarjo dan e-goverment oleh Pemkot Surabaya telah menjadi rujukan pemerindah daerah lain di seluruh Indonesia dalam upaya meningkatkan pelayanan publik. Sistem Pelayanan Perijinan Terpadu (SIPPADU) Kabupaten Sidoarjo patut dibanggakan. Pasalnya menjadi salah satu praktek terbaik dalam tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang baik.

“Pemko Banda Aceh akan segera mengirim staf untuk mengikuti pelatihan penggunaan aplikasi SIPPADU dan e-government,” ujarnya.

Sementara e-goverment merupakan suatu upaya untuk mengembangkan penyalenggaraan kepemerintahan yang berbasis elektronik. Suatu penataan sistem manajemen dan proses kerja di lingkungan pemerintah dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

E-goverment adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan yang juga dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis.[Rilis]

loading...