HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Cara Membuat Ruang Kerja di Rumah yang Mudah

14

HARIANACEH.co.id – Ruang bekerja di rumah sering kali diartikan hanya harus disediakan bagi orang-orang yang bekerja dari rumah, atau untuk orang-orang yang ingin melanjutkan pekerjaannya di kantor ke rumah.

Padahal memiliki ruang bekerja di rumah sebenarnya memiliki banyak manfaat. Sebut saja mulai dari tempat untuk mengatur keuangan, mengorganisir pekerjaan keluarga, memastikan jadwal yang telah yang telah dibuat, merencanakan liburan keluarga atau bahkan menyusun album foto.

Nah, karena begitu banyaknya manfaat dari sebuah ruang kerja maka berikut adalah beberapa tips dari Rumah.com untuk membuat sebuah ruang bekerja yang produktif untuk Anda di rumah.

1. Temukan posisi yang tepat

Posisikan meja di dalam ruangan tepat menghadap ke pintu. Jika tidak bisa pastikan posisi tempat duduk Anda tetap bisa melihat tamu atau siapapun yang akan masuk ke dalam rumah. Pengaturan posisi seperti ini cocok bagi seseorang yang membutuhkan fokus atau privasi.

Gunakan warna abu-abu dan hitam serta tambahkan sebuah karpet untuk memberikan kesan modern.

2. Jadikan sebuah ruang multifungsi

Bekerja dari rumah tidak hanya untuk mengecek atau membalas email, ruangan ini bisa digunakan juga sebagai tempat untuk membuat karya bersama anak-anak.

Jika Anda sering mengundang klien ke rumah, siapkan kursi yang nyaman untuk menyambut tamu. Ruangan seperti ini juga bisa digunakan untuk membungkus kado. Untuk itu tambahkan sebuah pojokan untuk menyimpan peralatan seperti pita, kertas pembungkus, serta selotip.

3. Sebagai tempat untuk menyepi

Terkadang ketika bekerja kita membutuhkan tempat untuk menyepi, apalagi jika pekerjaan Anda membutuhkan konsentrasi seperti menulis (atau membaca) sebuah novel. Ruangan ini juga bisa digunakan ketika Anda ingin membuat presentasi untuk esok hari di kantor.

Untuk mendukung suasana yang sunyi, gunakan warna gelap seperti abu-abu serta perabotan yang minimal. Lebih baik jika ruangan ini memiliki jendela sehingga cahaya alami bisa masuk ke dalam ruangan.

4. Gunakan ruang yang tersedia

Untuk membuat ruangan bekerja di rumah tidak membutuhkan satu ruangan penuh. Banyak rumah yang memanfaatkan sedikit kreativitas untuk mengubah sisa ruangan yang ada menjadi sebuah tempat yang produktif.

Seperti di salah satu sudut kamar tidur, Anda bisa menambahkan sebuah meja untuk meletakkan komputer dengan rak penyimpanan di bagian bawahnya. Gaya ini cocok bagi Anda yang senang menulis blog di malam hari.

5. Mengatur urusan rumahtangga

Tidak hanya urusan pekerjaan, banyak orang yang membuat ruang bekerja khusus untuk mengatur jadwal keluarga , keuangan, kewajiban rumahtangga setiap angggota keluarga, liburan bersama, menyusun album foto dan urusan rumah tangga lainnya.

Gunakan salah satu sudut yang tersedia di rumah seperti di dalam kamar untuk membereskan hal-hal tersebut tanpa gangguan. Di ruang keluarga Anda juga bisa menggunakan rak yang melayang agar bisa digunakan secara bersamaan antara televisi dan komputer.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time