HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kini di Taiwan Bisa Melakukan Pernikahan Sesama Jenis

3

HARIANACEH.co.id, Taipei — Taiwan kabarnya akan menjadi negara pertama di Asia yang akan melegalkan pernikahan sesama jenis.

Seperti dilansir Associated Press, Kamis (10/11/2016), perubahan kebijakan ini jelas akan disahkan oleh presiden Taiwan, Tsai Ing Wen.

Dua amandemen telah diajukan di Legislatif Taiwan di mana menawarkan pelegalan pasangan sesama jenis dan memungkinkan pasangan gay untuk mengadopsi anak.

Sebelum menjadi hukum yang sah, draft tersebut masih perlu dibahas di Badan Legislatif Komite Kehakiman dan Anggaran Dasar.

Mengutip dari studi universitas lokal Taiwan, sekitar 80 persen warga Taiwan yang berusia 20 sampai 29 tahun mendukung pernikahan sesama jenis.

Langkah ini dianggap sebagai refleksi kesiapan penerimaan Taiwan dengan demokrasi multi-partai dan sikap inklusif lainnya.

Hal ini juga mencerminkan fakta bahwa 23 juta orang Taiwan yang sebagian besar beragam Buddha tidak terlalu mempermasalahkan hubungan sesama jenis.

Sejumlah profesor di Taiwan pun membeberkan, bahwa sebenarnya Taiwan telah menerima keberadaan LGBT sejak 1990-an.

“Penerimaan ini dibantu oleh gerakan feminis yang sudah mapan dan adanya dukungan semacam kesetaraan gender,” ujar seorang profesor.

Human Rights Campaign yang berbasis di Washington mencatat Taiwan sudah masuk ke dalam negara yang melegalkan pernikahan sesama jenis selama 15 tahun terakhir, selain Kanada, Kolombia, Irlandia, AS dan 16 negara lainnya.

Namun, hal yang menjadi sulit adalah Taiwan menjadi satu-satunya negara di Asia yang berdiri sendiri dalam pelegalan pernikahan sesama jenis.

“Jika Taiwan bisa melegalkan ini, Taiwan bisa menjadi role model negara-negara Asia lainnya,” tutur profesor tersebut.

loading...