HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Donald Trump Temui Obama Untuk Koordinasi Transfer Kekuasaan

1

HARIANACEH.co.id, NEW YORK – Presiden terpilih Amerika Serikat Donald Trump mengunjungi Presiden Barack Obama di Gedung Putih, Kamis 11 Oktober 2016 waktu setempat. Kedatangan taipan properti itu terkait koordinasi kelancaran transfer kekuasaan.

Baik Obama maupun Trump sebelumnya tidak pernah terlibat dalam pertemuan empat mata. Selama ini, Trump dari partai Republik kerap mempertanyakan kewarganegaraan Obama dia juga menyebut tidak akan melanjutkan kebijakan Obama setelah dilantik pada 20 Januari 2017.

Obama selama ini berkampanye untuk mantan Menteri Luar Negerinya, Hillary Clinton. Obama pernah menyebut Trump tempramental dan tidak layak menjadi Presiden.

Trump juga disebut berbahaya jika memiliki kode nuklir AS. Meski begitu, baik Obama dan Trump akan berusaha menempatkan ketegangan mereka di belakang, setidaknya di depan kamera.

Michelle Obama juga akan bertemu secara pribadi dengan istri Trump, Melania. Pertemuan juga dilakukan di Gedung Putih.

Sebelumnya, Obama mengatakan meski ia dan Trump memiliki perbedaan pandangan, dia akan mengikuti jejak mantan Presiden Partai Republik George W Bush pada 2008 dan memastikan penyerahan kekuasaan berjalan mulus.

“Delapan tahun lalu, Presiden Bush dan saya memiliki beberapa perbedaan yang cukup signifikan, namun tim Presiden Bush tidak lebih profesional atau lebih ramah memastikan kami lancar dalam melakukan transisi. Jadi saya telah menginstrusikan tim saya untuk mengikuti contoh Presiden Bush,” ujar Obama dikutip dari Reuters, Jumat (11/11/2016).

loading...