HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Ternyata Pilot Wanita Masih Sangat Kurang dalam Dunia Penerbangan

1

HARIANACEH.co.id – Pilot wanita sedikit demi sedikit mulai bertambah jumlahnya dan banyak menguasai burung besi besar di seluruh dunia. Namun, terbukanya kesempatan bagi wanita di dunia penerbangan ini diharapkan bisa menambah lebih banyak pilot.

Dengan banyaknya penerbangan bertarif rendah dan meningkatknya kemampuan banyak orang di seluruh dunia untuk traveling, maskapai penerbangan akan membutuhkan lebih banyak pilot daripada sebelumnya.

Menurut CAE Oxford Aviation Academy, dengan meningkatnya lalu lintas udara di tahun-tahun mendatang, industri akan membutuhkan tambahan 250.000 pilot dalam dekade mendatang. Sayangnya, meningkatnya permintaan pilot belum diimbangi dengan peningkatan SDM.

Pilot wanita yang diharapkan dapat memenuhi permintaan tersebut nyatanya masih sangat rendah, menurut penelitian baru yang dirilis oleh Royal Aeronautical Society. Baru tiga persen pilot di seluruh dunia adalah wanita atau sama dengan 4.000 dari 130.000 pilot.

Kathi Durst, kapten perempuan pertama dalam sejarah Amerika dari Dallas-Fort Worth, mencoba mendorong perempuan yang ia temui agar menyadari profesinya. “Saya berusaha tampil di depan gadis-gadis muda dan anak-anak agar mereka dapat menyadari bahwa perempuan bisa menempati profesi ini,” katanya.

“Kami (perempuan) pada akhirnya akan pindah ke titik di mana perempuan bisa bermimpi untuk menjadi apa saja,” katanya dikutip dari Thisisinsider, Jumat (11/11/2016).

Sementara Durst mengaku, menemui beberapa kendala karena profesinya, seperti adanya bias yang implisit dan kurangnya kontrol atas kehidupan pribadi mereka, dia yakin pada kemampuan perempuan untuk berhasil dalam mencapai tujuan mereka.

loading...