HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Empat Kapal Tiongkok Berlayar di Laut China Timur, Jepang Protes Keras

2

HARIANACEH.co.id, TOKYO – Kapal penjaga pantai milik Tiongkok dikabarkan berlayar ke perairan di sekitar pulau-pulau yang disengketakan di Laut China Timur.

Selain Laut China Selatan, Tiongkok mengklaim bahwa Laut China Timur adalah miliknya. Dalam kasus ini, Tiongkok berebut dengan Jepang yang juga mengklaim perairan tersebut.

Di Laut China Selatan, Tiongkok bertarung dengan sejumlah negara Asia Tenggara, seperti Filipina, Vietnam, Malaysia dan Brunei. Tak hanya itu, Taiwan pun mengklaim Laut China Selatan sebagai miliknya.

Seperti dikutip AFP, Sabtu (12/11/2016), penjaga pantai Jepang mengonfirmasi bahwa ada empat kapal Tiongkok memasuki gugusan pulau yang diklaim milik Jepang.

Pulau-pulau tersebut adalah Senkaku dan Diayou. Empat kapal tersebut diketahui memasuki lokasi sekitar pukul 10.30 siang dan berlayar mengitari pulau selama dua jam sebelum akhirnya pergi.

Atas kejadian ini, Jepang segera mengajukan keluhan kepada Kementerian Luar Negeri Tiongkok melalui kedutaan besar Tiongkok di Tokyo.

Jepang menegaskan bahwa pulau tak berpenghuni tersebut adalah milik Jepang dan meminta Tiongkok tak sembarangan berlayar.

Kedua negara telah bersitegang cukup lama terkait kasus Laut China Timur. Sebab, diyakini bahwa Laut China Timur juga memendam sumber daya alam yang banyak, sama seperti Laut China Selatan.

loading...