HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kesimpulan Gelar Perkara Ahok Diumumkan Hari Ini

3

HARIANACEH.co.id, JAKARTA – Polri akan mengumumkan kesimpulan gelar perkara kasus penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok hari ini.

Kepada wartawan di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Boy Rafli Amar memastikan pengumuman itu akan dilakukan siang hari. “Tidak lebih dari jam dua (14.00 WIB),” kata Boy.

Boy menjelaskan,  penyidik akan mengebut untuk membahas dan merumuskan hasil gelar perkara yang digelar. “Penyidik tidak istirahat lagi,” ujar dia.

Kemarin, dalam gelar perkara di ruang rapat utama Mabes Polri, penyidik telah mendengarkan keterangan 18 orang saksi ahli. Tujuh saksi ahli dihadirkan oleh pihak kepolisian, enam saksi ahli dari pelapor dan lima ahli dari terlapor.

Sejak 6 Oktober 2016, Polri telah menyelediki 14 laporan polisi dan satu surat pengaduan terkait kasus penistaan agama. Total, ada 29 saksi dan 39 saksi ahli yang diperiksa selama penyelidikan.

Tiga komisioner Kompolnas yang hadir dalam gelar perkara kemarin, Irjen (purn) Bekto Suprapto, Andrea Peloengan, dan Poengky Indarty menilai Polri bertindak profesional sepanjang gelar perkara.

“Kompolnas memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Polri,” kata Bekto dalam siaran pers yang diterima wartawan.

Karena profesionalitas Polri teruji, Bekto meminta masyarakat bersabar menunggu pernyataan resmi Polri tentang hasil gelar perkara dan tidak memercayai informasi di luar Polri yang kebenarannya tidak bisa dipertanggungjawabkan.

loading...