HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Polisi Tahan Pemimpin Massa Pro dan Anti-Pemerintah Malaysia

7

HARIANACEH.co.id, PETALING JAYA – Beberapa jam sebelum unjuk rasa Bersih 5 dilakukan, polisi menahan dua pemimpin massa yang berseteru.

Penangkapan dilakukan terhadap pemimpin massa anti-pemerintah yakni Maria Chin Abdullah. Maria selama ini dikenal ketua kelompok pro-demokrasi Bersih 2.0.

Sementara penangkapan juga dilakukan terhadap pemimpin kelompok pro-pemerintah Datuk Seri Jamal Yunos. Kelompok ini mengenak kaus berwarna merah sebagai penunjuk identitasnya. Sementara massa Bersih menggunakan kaus berwarna kuning.

Jamal ditahan pada Sabtu 19 November, sekitar pukul 1.30 malam waktu setempat. Diketahui bahwa Pimpinan Partai UMNO wilayah Sungai Besar itu dibawa ke markas Polisi Selangor di Shah Alam.

Datuk Seri Jamal Yunos turut ditahan polisi
Datuk Seri Jamal Yunos turut ditahan polisi (Foto: The Star)

Dari kubu Bersih, yang ditahan tidak hanya Maria Chin Abdullah tetapi juga Mandeep Singh. Penangkapan dilakukan dengan alasan bahwa organisasi itu didanai oleh seorang miliuner asal Amerika Serikat (AS).

Tetapi menurut anggota komite Bersih 2.0, Jay Jay Denis meyakini bahwa penahanan itu terkait unjuk rasa yang akan berlangsung hari ini. Sebelumnya polisi dan Komisi Multimedia dan Komunikasi Malaysia melakukan penggerebekan kantor Bersih pada Jumat 19 November.

“Mereka menyebutkan bahwa penangkapan terkait dengan dana dari Open Society Foundations, milik George Soros,” ujat Denis, seperti dikutip The Star, Sabtu (19/11/2016).

Baik Maria dan Mandeep tidak diborgol saat dibawa ke istana. Mereka dibawa ke markas polisi Petaling Jaya untuk dimintai keterangan.

Di antara aktivis ‘Kaus Merah’ yang ditangkap antara lain Razali Zakaria dan Ariffin Abu Bakar. Pemimpin ‘Kaus Merah’, Jamal, menegaskan bahwa protes akan tetap berjalan meskipun dirinya ditangkap.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time