HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

OPEC Mulai Bergerak Membatasi Produksi Minyak

6

HARIANACEH.co.id, NEW YORK Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) mulai bergerak lebih dekat untuk membatasi produksi minyak. Kondisi itu dengan sebagian besar negara anggota siap untuk menawarkan kepada Iran sebuah fleksibilitas signifikan pada volume produksi.

Iran telah menjadi batu sandungan utama untuk mencapai kesepakatan pembatasan produksi minyak karena Teheran ingin ada pembebasan setelah mendapatkan kembali pangsa pasar minyak usai ada pelonggaran sanksi pada Januari. Sejauh ini, OPEC terus melakukan pembahasan mengenai pemangkasan produksi itu.

Iran saingan Arab Saudi, produsen terbesar di OPEC atau Organisasi Negara Pengekspor Minyak, berpendapat produksi minyak Iran telah mencapai puncaknya dan seharusnya tidak diberikan konsesi besar. Hal itu dianggap penting guna menjaga stabilitas harga minyak di dunia.

Mengutip Reuters, Senin 21 November, beberapa waktu yang lalu, sejumlah Menteri Minyak OPEC termasuk Menteri Minyak Arab Saudi Khalid al-Falih bertemu di Doha di sela-sela forum gas. Para pejabat Iran menghadiri pertemuan itu meskipun Menteri Bijan Zanganeh tidak datang.

Pada pertemuan itu, negara-negara anggota OPEC mengusulkan produksi minyak Iran di 3,9 juta barel per hari (bph). Iran sebelumnya telah menyatakan akan menerima pembekuan produksi minyak di antara 4,0 dan 4,2 juta barel per hari.

Api muncul dari pipa di ladang minyak di Basra, Baghdad, Irak (REUTERS/Essam Al-Sudani)
Api muncul dari pipa di ladang minyak di Basra, Baghdad, Irak (REUTERS/Essam Al-Sudani)

Sumber Gulf OPEC telah mengatakan mereka ingin Iran memangkas produksi pada kisaran 3,6 juta sampai 3,7 juta bph. Namun sayangnya, sebuah sumber menyatakan bahwa Teheran belum menanggapi proposal.

Gubernur OPEC Iran, yang menghadiri pembicaraan mengatakan, ia optimistis bahwa kelompok produsen akan mencapai kesepakatan ketika mengumpulkan anggota OPEC secara resmi di Wina pada 30 November. Falih mengatakan pertemuan Jumat berjalan dengan baik, tetapi menolak berkomentar lebih lanjut.[]

loading...