HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

PLN Dukung Penelitan Dari BPKP Terkait 34 Proyek Terkendala

1

HARIANACEH.co.id, JAKARTA — PT PLN (Persero) mendukung penelitian oleh Badan Pemeriksa Keuangan Pembangunan (BPKP) terkait dengan 34 proyek pembangkit skala kecil berkapasitas 627,8 megawatt (mw) yang terkendala.

Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN I Made Suprateka mengatakan dari 34 proyek yang terkendala saat ini terdapat 17 proyek yang telah dilanjutkan dan memiliki jalan keluar, enam proyek telah diputuskan kontraknya dana diambil alih oleh PLN untuk dilanjutkan penyelesaiannya serta 11 proyek yang terminasi.

“Semua proyek yang terkendala ini merupakan proyek-proyek yang berada dalam kontrak antara 2007 hingga 2012, di mana total 11 proyek terminasi ini berkapasitas 147 mw dan tidak ada satu pun yang masuk dalam program 35.000 mw,” kata Made dalam konferensi pers di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Rabu (23/11/2016).

Made menjelaskan, dalam penyelesaian proyek mangkrak ini PLN telah meminta pertimbangan dan verifikasi dari BPKP dan audit internal PLN. Selain itu PLN juga melibatkan pihak ketiga (eksternal). Hal ini untuk menghitung secara komprehensif apa yang harus dilakukan ke depan dengan memperhatikan kebutuhan, nilai keekonomian dan faktor teknis.

“Di sini PLN tidak sendirian dalam memikirkan jalan keluar ada hasil verifikasi dan audit dari BPKP, sehingga ketika memutuskan kelanjutan proyek tersebut didapatkan nilai kewajarannya,” jelas Made.

Made menambahkan, penyelesaian 34 proyek terkendala ini juga sangat terbantu dengan adanya Perpres Nomor 4 Tahun 2016 tentang Percepatan Infrastruktur Kelistrikan. Dalam Perpres tersebut, PLN diberi ruang untuk segera menyelesaikan masalah kelistrikan, salah satunya dengan tambahan biaya, tentunya di sini Presiden melibatkan BPKP agar sesuai nilai kewajaran.[]

loading...