HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Puan Maharani : Sudah Seharusnya Kita Bekerjasama

1

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (MenkoPMK) , Puan Maharani mengajak kepala daerah khususnya yang tergabung dalam Alliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) bekerjasama dengan pemerintah pusat bergotong-royong menjaga komitmen dalam memperbaiki sanitasi.

“Komitmen ini kita ciptakan bersama, karena kita harus bergotong-royong bersama serta bekerja sama dengan pemerintah pusat. Dalam hal ini sudah seharusnya kita harus bekerja sama,” jelas Puan kepada awak media seusai membuka City Sanitation Summit (CSS) XVI di Banda Aceh, Kamis (24/11).

Kata dia, tidak hanya sanitasi saja yang dibangun, tapi bagaimana perilaku, cara berfikir dan kebiasaan dari masyarakat itu juga yang harus diubah.

”Karena jangan sampai infrastruktur, sarana dan prasarana yang sudah ada, perilaku masyarakat itu juga tidak berubah. Karenanya memang harus ada sosialisasi dan dukungan lebih dari semua pihak. Namun, bukan hanya pemerintah pusat saja, tapi komitmen masing-masing kepala daerah untuk bisa mengajarkan atau mensosialisasikan perilaku hidup sehat,” ujarnya.

Seperti diketahui, Konferensi CSS 2016 diselenggarakan di kota Banda Aceh. Sebagai tuan rumah, Kota Banda Aceh meraih Sanipura Award dari pemerintah pusat karena dianggap sukses dalam memberikan inovasi berkelanjutan dalam penanganan sanitasi.

 

Editor : Eko Densa

loading...