HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Aturan Memilih Pasangan Hidup Sesuai Agama Islam

4

HARIANACEH.co.id – Pada dasarnya, pernikahan harus menempatkan pasangan yang dapat memenuhi tujuan hidup. Secara efektif, pasangan dapat bersinergi memenuhi kebutuhan bersama menuju rumah tangga harmonis.

Sementara dalam Islam, Allah SWT mendefinisikan pernikahan agar suami-istri dapat mempertanggungjawabkan masing-masing perannya di akhirat sebagai khalifah di bumi. Oleh sebab itu, penting sekali memilih pasangan sesuai kriteria yang disebutkan Allah SWT.

Melansir dari Soundvision, Jumat (18/11/2016), disebutkan bahwa pada umumnya kriteria untuk memilih pasangan perkawinan melihat dari kekayaan, kecantikan, kedudukan, karakter, pengertian, kapasitas, agama, dan lain sebagainya. Alquran sendiri memerintahkan umat Islam untuk memilih pasangan yang baik dan tulus.

“Wanita yang baik adalah untuk pria yang baik, dan pria baik untuk wanita yang baik,” (Quran 24:26).

Nabi Muhammad SAW menganjurkan agar umat Islam memilih pasangan yang terbaik, dan pilihlah berdasarkan agama dan karakternya

“Seorang wanita dinikahi karena empat alasan: karena harta bendanya, kedudukkannya, karena kecantikannya, dan karena agamanya (dan karakter). Jadi nikahilah seseorang yang terbaik agama dan karakter agar sejahtera.” (HR : Bukhari dan Muslim).

Ada pula hadist Nabi Muhammad SAW, yang menyatakan untuk menikahi orang yang ingin menikah dan menjalani hidup di jalan Allah, dan berhati baik.

“Tiga kelompok orang yang Allah perintahkan wajib untuk dibantu, yaitu Mujahid di jalan Allah, seorang bekerja untuk membayar utangnya, dan orang yang ingin menikah untuk hidup suci” (HR : At Tirmidzi).

loading...