HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Inspirasi Kehidupan: Tips dan Motivasi

2

Oleh: Zakia Tutdin S.Sos[1]

Zakia Tutdin S.Sos
Zakia Tutdin S.Sos

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH – Sering kali kita merasa Jenuh dengan hidup yang serba kekurangan baik itu dari segi materi, dan kemampuan Intelektual yang kita miliki. Sahabat taukah anda bagaimana cara menunjukkan kepada dunia bahwa dirimu memang mampu dan berkualitas, bagaimana cara membuat dirimu lebih dihargai, dan selalu terdepan. Kenapa tidak kita mulai dari sekarang. Untuk kamu yang merasa sering gagal baik itu karena karir ataupun pasangan hidup ada beberapa tips dari saya yang membuat dirimu terlihat super star dalam kehidupan.

Yang pertama fikirkan terlebih dahulu sebenarnya apasih cita-cita yang belum kamu gapai, bagaimana cara membuat mimpi kamu menjadi mimpi di siang hari bukan dimalam hari artinya mimpi yang nyata.  dan buatlah target. Tulislah keinginan kamu di buku harian mu, karena dengan menulis Target ketika kamu lupa dalam fikiran kamu bisa melihatnya kembali dalam buku harianmu, buatlah beberapa motivasi agar kamu merasa diri kamu kuat, dan pasti bisa mencapai semua yang kami impikan.

Yang kedua hal yang harus kamu lakukan adalah menjalankan target mu, bila kamu gagal maka kamu harus mencari cara atau solusi Alternatif agar kamu dapat menyeimbangkan targetmu, ingatlah, keinginan yang baik, akan di jabbah oleh Tuhan, ingatlah Tuhan akan selalu bersama kamu, jangan pernah menyerah, jangan minder dan jika kamu sering dibuli oleh orang-orang atau rekan mu itu adalah tantangan mu, anggap saja kamu sudah mampu mencari perhatian dilingkunganmu. Tidak ada sesuatu yang baik yang dilakukan dengan mudah, karena kesulitanlah yang memperkuat fikiran sebagaimana jerih payah membuat kekuatan pada tubuhmu.

Yang ketiga kamu harus menguasai betul kemampuan yang kamu miliki, pilihlah salah satu kemampuan yang memang sangat kamu sukai, karena dengan sesuatu hal yang kamu sukai akan ringan saat kamu mengerjakannya. Jika kamu belum menemukan keinginan itu coba kamu gali kemampuan mu dari sekarang. Hal ini akan membuat mu mengetahui kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki , anggaplah kelebihan mu itu sebagai kekuatan strategi kamu dalam kehidupan.

Yang keempat kamu harus disiplin dan tanggung jawab, karena jika kamu tidak disiplin maka kamu akan kehilangan kesempatan untuk menjadi super star. Coba bayangan jika kamu bekerja tidak tepat waktu maka kamu akan gagal/ di drop out artinya dalam setiap pekerjaan kedisiplinan dan tanggung jawab adalah hal yang sangat di utamakan selain skill yang anda punya.

Hal Yang terpenting dalam hidup:

  1. Jangan lupakan tujuan

Tujuan yang di maksud adalah tujuan untuk kebaikan, sebagai khalifah di muka bumi tentu manusia memiliki tujuan untuk hidup yaitu senantiasa berbuat kebaikan di dunia dan tujuan lainnya yaitu menyeimbangkan tujuan hidup di dunia untuk berlangsungnya hidup dengan mencari rezeki dari tujuan atauk einginan setiap manusia cita-citakan. Terlepas dari itu tentu kita harus yakin bahwa tuhanlah yang menentukan rezeki setiap umatnya, maka kita di tuntut untuk senantiasa berusaha dan jangan pernah menyerah.

  1. Buatlah target hidup

Target perlu kiranya dalam hidup, hal ini karena untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dan ke inginan atau cita-cita yang sudah tercapai. Dengan sebuah target yang anda ingat dan anda tulis maka akan lebih mudah untuk menjalankan keinginan, jika anda lupa dengan apa yang anda targetkan anda bisa membuka kembali tulisan anda. Dengan sebuah target juga anda akan mengetahui kemampuan yang anda inginkan jika anda gagal dalam satu rencana maka anda sudah punya perencanaan yang lain untuk mengapai target tersebut, anda pasti sudah menyiapkan beberapa rencana/ planning agar target anda tersebut akan berhasil. Ibaratkan anda seorang pedang anda menjual sebuah barang yang sangat sulit orang membelinya /laku, kira-kira apa usaha anda agar dagangan anda laku, tentu anda perlu beberapa rencana atau usaha keras agar membuat dagangan tersebut laku.

  1. Fokus pada potensi anda bukan keterbatan anda

Jika selama ini anda mengangap bahwa kekurangan yang anda miliki membuat anda minder atau kurang percaya diri, anda salah karena setiap manusia diciptakan tidak ada yang sempurna, tetapi anda harus memanfaatkan potensi yang anda miliki bukan kekurangan atau keterbatasan anda. Mulai sekarang cobalah unutk gali potensi yang anda miliki, kembangkan potensi tersebut.

  1. Jadilah orang yang unik

Satu kata yaitu unik, mengapa penulis memakai kata unik , karena unik itu merupakan sesuatu yang langka yang tidak banyak orang miliki. Unik itu adalah sesuatu yang berbeda yang jarang orang lain miliki. Bayangkan jika anda menyukai seseorang seperti artis tentu anda menyukainya karena ia berbeda dengan yang lain, jika ia sama dengan orang lain tentu anda tidak lagi menyukai artis tersebut. Begitu juga dengan sebuah barang jika anda menyukai sebuah barang yang sudah lama tetap anda simpan dan anda tidak ingin membuang atau mengantikan barang tertentu itu karena barang tersebut unik. Unik atau langka yang membuat orang akan terus menyukainya, maka jadilah orang yang unik sehingga anda tidak akan digantikan dan terus digemari.

  1. Jika ada sesuatu hal yang menganggu fikiranmu, bunuh fikiran itu.

Fikiran yang selalu menggangu dalam benak anda yang membuat anda tidak move on dan terus memikirkan hal tersebut coba mulai sekarang anda buang fikiran itu jangan anda ingat lagi, karena dengan mengingatnya hal itu akan menganggu aktifitas anda, menganggu kegiatan anda, anda jadi tidak fokus dengan cita-cita yang ingin anda gapai. Coba untuk berfikir atau menyibukkan diri agar anda tidak kepikiran unutk hal itu, misalnya seseorang yang gagal dalam membina hubungan dengan pasangan coba untuk berhenti untuk mengingatnya dan lakukan hal yang membuat orang-orang kagum akan diri anda.

  1. Stop mengejar, siapapun yang kamu inginkan jangan mengejar

Kamu yang putus asa baik masalah memilih pasangan hidup atau masalah karir, jika masalahnya adalah dia yaitu pasangan hidup jangan pernah kamu mengejarnya. Kamu pasti mengingkinkan dia, kamu berharap untuk dapat mewujudkan keiginan mu. Mulai Sekarang  coba stop mengejar buatlah anda yang di kejar bagaimana caranya, seperti yang pernah dibahas sebelumnya empat, anda harus jadi orang yang unik dengan begitu anda akan memiliki banyak. Cobalah dari sekarang gunakan waktu yang berguna, jangan pernah mengejar, penulis yakin jika anda sudah mampu membuat waktu anda yang lebih berguna dengan cara menjadikan diri anda lebih bermanfaat untuk orang lain, dan akhirnya nanti orang-orang akan mengejar anda.

  1. Persiapkan diri dengan melakukan pekerjaan dengan sebaik-baiknya

Mulai sekarang coba buanglah kebiasaan buruk anda, kebiasaan atau peranggai yang tidak baik, cobalah manfaatkan waktu sebaik-baiknya. Lakukanlah pekerjaan yang banyak mengandung manfaat, jangan memperlalai waktu, sebab waktu adalah pedang, waktu tidak dapat terulang kembali, maka dari itu coba untuk melakukan hal yang banyak manfaatnya baik untuk diri sendiri maupun manfaat untuk orang lain.

  1. Ingat kemakmuran datang sering di mulai dari kegagalan.

Kemakmuran, kesejahteraan, kedamaian, ini adalah impian dari semua orang. Semua orang mengiginkan tiga hal ini. Makmur bagaimana yang dimaksud dengan makmur. Makmur adalah seseorang yang hidup merdeka dan berkat. Berkat hal ini lebih dimuliakan di sisi tuhan, jika sebuah negara atau wilayah yang masih berkat maka kehidupannya masyarakat akan makmur. Contoh seperti sebuah desa yang hidupnya makmur apa saja yang di tanam akan memberi hasil, contoh lagi seorang pedang ia juga menjadi makmur karena dagangannya disukai oleh pembeli, apa saja yang dilakukan di daerah tersebut menjadi berkat. Kesejahteraan hal ini sangat luas cakupannya, kerena sejahtera menunjukkan ke keadaan yang baik, kondisi manusia di mana orang-orangnya dalam keadaan makmur, dalam keadaaan sehat dan damai. Konsep damai membawa konotasi yang positif, hampir tidak ada orang yang menentang perdamaian. Perdamaian dunia merupakan tujuam utama dari kemanusiaan. Beberapa kelompok berpandangan berbeda tentang apakah damai itu, bagaimana mencapai kedamaian, dan apakah perdamaian benar-benar mungkin terjadi. Damai mungkin terjadi hal ini dipengaruhi oleh perasaan batin, saat batin berkata damai, misal damai dalam hidup tanpa ada peperangan, damai dalam kesejahteraan sosial. Damai karena tidak ada permusuhan, damai dengan keluarga, masyarakat, dan dengan batin atau hati. Karena kedamaian yang sesungguhnya dirasakan oleh hati yang ikhlas, hati yang iklas akan membawa seseorang dalam sebuah kedamaian yang abadi.

  1. Tidak ada yang musthil bagi mereka yang ingin berusaha.

Usaha dan kerja keras kenapa harus ditunda-tunda. Setiap manusia wajib berusaha karena dengan berusaha seseorang akan mengubah nasibnya kearah yang lebih baik, dengan berusaha seseorang telah melewati berbagai rintangan yang kiranya mustahil dapat di tembus, tapi dengan usaha dan diiring oleh doa sesuatu yang mustahil itu menjadi nyata. Contoh seseorang  yang cacat tangan dan kaki dari kecil, tetapi ia tidak ingin dirinya membebankan orang lain, ia terus berusaha, dan akhirnya usahanya membawa hasil ia menjadi orang yang kaya raya, hal ini membuktikan bahwa orang yang cacat saja bisa berusaha dengan menjadi orang yang  memberi manfaat untuk orang lain, bagaimana dengan orang yang tidak mengalami cacat tentu akan lebih mudah untuk melakukan berbagai usaha, maka dari itu cobalah untuk berusaha dan jangan pernah menyerah.

Tentu kita sadari bahwa kesempurnaan adalah milik tuhan, tidak ada manusia yang sempurna, manusia hanya bisa berusaha dan berdoa. Semoga kita yang berusaha akan dibukakan pintu kesejahteraan oleh yang Maha pengasih dan penyayang. Usaha merupakan setiap aktiviata yang dilakukan manusia unutk mendapatkan apa yang diinginkan. terkadang kita sering gagal dalam berusaha, sering  jatuh, tapi jangan pernah putus asa. Cintai rasa sakit itu, jangan pernah berhenti tapi terus berjuang kearah yang lebih baik lagi, yakinlah bahwa sesuatu yang sangat berharga tidak mudah untuk mendapatkannya sesuatu yang akan membawa kesejahteraan tentu  banyak rintangan, tentu banyak cobaan tentu sulit untuk memperolehnya, tapi jangan pernah anda putus asa.

Nah, itulah beberapa tips dan motivasi, semoga bermanfaat.  Salam Zakia Tutdin S.Sos Alumi universitas Syiah kuala.


CATATAN KAKI:
  1. Penulis adalah kandidat Mahasiswa Pasca Sarjana Sosial Politik Universitas Syiah Kuala
loading...