HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Bahaya Pemakaian Lensa Kontak Saat Mandi

3

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH – Lensa kontak memang dapat membuat mata tampak lebih ekspresif dan dramatis. Namun, Anda juga perlu hati-hati saat memakainya supaya tetap aman dan nyaman di mata.

Misalnya, saat tidur, Anda harus melepasnya. Ini karena lensa kontak berpotensi tergesek dengan kornea mata yang dapat merusaknya. Anda juga perlu melepas lensa kontak saat mandi. Apa alasannya?

Air mandi mungkin dikhawatirkan akan masuk ke mata, sehingga merusak lensa kontak. Namun, menurut Willy Hadikoesoemo, Chief Operating Officer Holicat, lensa kontak sebenarnya tetap aman meski terkena air.

Ia mengatakan, pemakaian lensa kontak saat mandi sebenarnya berbahaya karena dikhawatirkan tangan akan mengucek mata. Hal ini yang menimbulkan gesekan antara lensa dan mata.

“Jadi bukan airnya yang berbahaya bagi mata, tetapi jika airnya itu masuk ke mata, lalu terasa gatal atau perih, kemudian dikucek, itu yang berbahaya,” ujarnya.

Maka supaya aman, sebaiknya lensa kontak dilepas. Saat melepasnya pun tangan harus dalam kondisi bersih.

“Sebelumnya tangan harus di cuci. Sekalipun hanya memegang kotak lensa kontaknya. Kita kan tidak tahu ada debu atau apa di kotaknya itu,” kata Willy.[]

loading...