HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

5 Cara Sopan untuk Menolak Tawaran Pekerjaan

5

HARIANACEH.co.id – Memilih antara dua tawaran pekerjaan tentu bukan hal yang mudah. Ada sejumlah faktor yang harus dipertimbangkan sebelum membuat keputusan. Tapi setelah tahap ini berhasil dilewati dan Anda telah menjatuhkan pilihan pada satu tawaran terbaik, maka hal yang juga tak kalah sulit adalah mengirimkan e-mail penolakan kepada pihak yang lainnya.

Bagaimana cara yang sopan untuk menolak tawaran pekerjaan? Agar reputasi Anda tetap terjaga, ikuti tip berikut:

1. Jangan menunda-nunda

Apabila keputusan Anda sudah bulat, segera siapkan e-mail penolakan. Anda harus ingat bahwa perusahaan telah meluangkan cukup banyak waktu untuk menyaring pelamar hingga mereka memilih Anda. Untuk itu, jangan biarkan perusahaan menunggu respons Anda terlalu lama, agar mereka dapat kembali melanjutkan proses rekrutmen.

2. Ucapkan terima kasih

Awali surelAnda dengan ucapan terima kasih. Tunjukkan bahwa Anda mengapresiasi tawaran kerja yang telah diberikan.

3. Sampaikan hal positif tentang perusahaan

Sebelum menyampaikan penolakan, sampaikan dulu hal-hal yang sebenarnya membuat Anda tertarik bekerja di perusahaan yang bersangkutan. Dengan begitu, perusahaan percaya bahwa Anda tidak menyepelekan tawaran mereka.

4. Berikan alasan

Jangan biarkan perusahaan bertanya-tanya kenapa Anda menolak tawaran mereka. Kemukakan alasan Anda secara jujur, singkat, namun jelas. Jika Anda memilih untuk mengambil tawaran lain, tak perlu dijelaskan terlalu detail hingga terkesan mengecilkan perusahaan tersebut.

5. Sampaikan harapan Anda

Walaupun Anda tidak menerima tawaran kerja saat ini, tidak menutup kemungkinan Anda akan bekerja sama dengan perusahaan tersebut di lain kesempatan. Untuk itu, utarakanlah harapan tersebut agar peluang di masa datang dapat terbuka lebar.

Tidak salah menolak sebuah tawaran pekerjaan, karena setiap orang pasti memiliki tujuan karier masing-masing dan ingin mendapatkan pekerjaan yang terbaik. Namun perlu diingat, Anda tidak boleh mengambil keputusan secara sembarangan agar tak menyesal di kemudian hari. Langkah sederhana yang bisa dilakukan sebelum menerima atau menolak tawaran kerja yang datang pada Anda adalah, dengan mencari tahu seluk-beluk perusahaan tersebut. Informasi itu bisa Anda dapatkan dengan mudah di Jobplanet.

loading...