HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Inilah Tempat yang Minim Gravitasi di Bumi

2

HARIANACEH.co.id, JAKARTA – Anda mungkin mengenal Albert Einstein berkat teori relativitasnya yang mengatakan bahwa segala sesuatu di Bumi akan selalu jatuh ke tanah karena gravitasinya. Namun, sebenarnya ada beberapa tempat di planet ini yang memiliki gravitasi sangat minim.

Selama 40 tahun terakhir, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah meneliti tempat-tempat yang memiliki keistimewaan tanpa gravitasi. Rupanya Hudson Bay di Kanada adalah salah satunya.

Salah satu teori utama NASA dan ilmuwan tentang “menghilangnya” gaya ke bawah adalah berkat konveksi. Konveksi merupakan perpindahan dalam cairan yang disebabkan oleh panas.

Hal tersebut terjadi di mantel Bumi. Di sini ada lapisan tebal magma yang terus bergeser untuk membuat arus konveksi. Bagian ini menyeret lempeng benua ke bawah, sehingga menurunkan massa dan akhirnya, mengurangi gravitasi di daerah tersebut.

Teori kedua yang memungkinkan hilangnya gravitasi adalah lapisan es besar yang menutupi sebagian besar Kanada dan Amerika Utara. Es membebani tanah dengan sangat berat.

Setelah 10.000 tahun, lapisan es mencair, sehingga meninggalkan penyok jauh di planet ini. Akibatnya, wilayah ini memiliki massa kurang karena tanah didorong ke sisi itu berkat lapisan es tadi.

Massa yang berkurang membuat tarikan gravitasi berkurang. Kendati gravitasi di Kanada berbeda dari wilayah lain di Bumi, tidak berarti Anda bisa melayang seperti di permukaan bulan.[]

loading...