HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kacau! Penderita HIV/AIDS di Indonesia Kian Membludak

2

HARIANACEH.co.id, JAKARTA – Jumlah orang dengan HIV/AIDS alias ODHA terus meningkat dari tahun ke tahun, akibat kurangnya kesadaran tentang pentingnya penggunaan kondom.

Sebab, berdasarkan data Kementerian Kesehatan bahwa prosentase faktor risiko HIV tertinggi di Indonesia adalah karena hubungan seksual tidak terproteksi.

Deputy General Manager Condoms Business Unit PT. DKT International, Pierre Frederick, mengatakan kesadaran pria untuk menggunakan kondom saat berhubungan seksual sangat lemah.

“Untuk itu, program pencegahan HIV di Indonesia saat ini salah satunya telah menaruh perhatian besar terhadap pentingnya penggunaan kondom. Hal ini karena kondom merupakan satu-satunya alat kontrasepsi yang dapat melindungi diri dari HIV maupun infeksi menular seksual lainnya,” kata Piere dalam keterangan persnya, hari ini.

Menurut pengamat kebijakan publik bidang kesehatan masyarakat dari Universitas Indonesia, Patrick Wauran, di sela-sela acara hari AIDS sedunia hari ini, korban jiwa akibat acquired immune deficiency syndrome itu mengalami peningkatan signifikan tahun ini.

Penderita AIDS pada 2011 mencapai 23.818 orang, tahun 2012 meningkat menjadi 27.323 orang, dan kembali naik pada 2013 sebanyak 31.221 orang.

Pada 2014 kembali terjadi kenaikan sebanyak 33.079 orang dan pada tahun 2015 angkatnya naiknya menjadi 39.119 orang. Tahun ini, menurut Patrick pengidap AIDS sebanyak 43.095 orang.

“Dari jumlah itu mayoritas laki-laki sebanyak 27.937 orang,” ujar dia seperti dilansir Antara.

loading...