HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Tiongkok Beri Peringatan Saat Donald Trump Lakukan Kontak dengan Taiwan

3

HARIANACEH.co.id – Pemerintah Tiongkok melontarkan peringatan saat mendengar Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Donald Trump berbicara dengan Presiden Taiwan.

Menurut Menteri Luar negeri Tiongkok Wang Yi, pembicaraan melalui telepon antara Trump dan Presiden Tsai Ing-Wen tidak bisa merubah hubungan AS dan Tiongkok yang sudah ada selama ini.

“Saya kira ini tidak bisa mengubah kebijakan ‘Satu Tiongkok’ yang diterapkan oleh Pemerintah AS selama bertahun-tahun,” ujar Menlu Wang Yi, seperti dikutip AFP, Sabtu (3/12/2016).

“Prinsip ‘Satu Tiongkok’ menjadi acuan dari perkembangan Sino-AS yang sehat. Kami tidak ingin ada intervensi ataupun gangguan dari dasar politik yang sehat ini,” tegasnya.

Wang Yi menyebutkan bahwa bentuk kontak antara Trump dan Tsai Ing-Wen hanya sebuah cara yang dimainkan oleh Taiwan dan hal ini tidak bisa mengubah apapun.

Perbincangan antara Donald Trump dan Presiden Taiwan Tsai Ing-Wen, mendobrak kebijakan diplomasi AS terhadap Taiwan selama bertahun-tahun.

Menurut pihak Trump, selama perbincangan, keduanya membahas hubungan yang erat dalam bidang ekonomi, politik dan keamanan.

Pengusaha properti itu juga memberikan selamat kepada Presiden Tsai yang telah terpilih sebagai Presiden Taiwan,” dalam pembicaraan 2 Desember itu.

Tidak diketahui siapa yang memulai percakapan via telepon itu terlebih dahulu. Namun Trump dalam beberapa hari terakhir, kerap melakukan percakapan melalui telepon dengan beberapa pemimpin dunia.

loading...