HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Jokowi Diminta Najib Razak Lakukan Aksi Mendukung Rohingya

1

HARIANACEH.co.id, KUALA LUMPUR – Perdana Menteri Malaysia Najib Razak turut serta dalam demonstrasi mendukung kondisi etnis Rohingya di Myanmar. PM Najib pun meminta Presiden Joko Widodo untuk melakukan aksi serupa.

Dalam orasinya, PM Najib mengajak seluruh negara anggota ASEAN untuk melawan yang disebutnya sebagai genosida terhadap etnis Rohingya oleh Pemerintah Myanmar.

“PBB, tolong berbuat sesuatu. Dunia tidak bisa hanya diam dan melihat proses genosida sedang terjadi,” ujar PM Najib, seperti dikutip The Star, Senin (5/12/2016).

Protes yang dipimpin oleh Pemerintah Malaysia ini menandakan sikap Negeri Jiran yang tidak menerapkan prinsip non-interfensi dari urusan dalam negara anggota ASEAN.

“Saya tidak akan menutup mata ataupun menutup mulut. Kita harus membela mereka (Rohingya) bukan karena agama yang sama, tetapi karena mereka adalah manusia dan nyawa mereka memiliki nilai,” tegas PM Najib.

Kemudian PM Najib pun meminta Presiden Jokowi mengadakan protes serupa di Indonesia.

“Jangan hanya (mengadakan) protes mengenai (Gubernur non-aktif Basuki Tjahaja Purnama) Ahok saja. Rohingya juga harus diperjuangkan, mereka bisa melakukan aksi di Jakarta. Kami ingin memperlihatkan sikap bahwa Malaysia tidak menyukai (apa yang dialami Rohingya). Tiap negara harus bersikap adil dan ini menjadi tanggungjawab,” imbuh Najib.

“Ini sebuah keharusan,” kembali Najib menegaskan.

Beberapa kritik menilai PM Najib menggunakan aksi protes ini untuk memenangkan hati warga Malaysia, mengingat dirinya dihadapkan pada skandal keuangan. Selain itu, kehadiran Najib juga diduga ingin menarik dukungan warga Malaysia menjelang pemilu yang bisa dipercepat sebelum 2018.

loading...