HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kenaikkan Suku Bunga Bertahap The FED Perlu Pengkajian

1

HARIANACEH.co.id, NEW YORK — Pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS) yang telah dimenangkan oleh Donald Trump menciptakan sebuah ketidakpastian atas kebijakan Trump yang akan mengejar ketertinggalan dari aspek ekonomi. Hal ini tentu menjadi penilaian tersendiri untuk Federal Reserve atau the Fed menaikkan suku bunga acuan.

Presiden Fed New York William Dudley mengatakan, the Fed perlu menilai atau mengkaji apakah rencana kenaikan suku bunga acuan secara bertahap perlu menyesuaikan atau tidak dengan sejumlah kebijakan yang akan dilakukan oleh Trump. Apalagi, Trump beberapa kali melontarkan rencana kebijakan yang berbeda dengan kebijakan yang diambil Presiden AS sekarang ini.

Dalam pidatonya mengenai kebijakan fiskal termasuk resep atau tindakan yang diprediksi atas kebijakan Trump, Dudley memberikan sebuah gambaran bahwa ekonomi AS cukup baik sekarang ini. Adapun perbaikan ekonomi tersebut memberikan keuntungan bagi the Fed dalam hal menaikkan suku bunga acuan.

“Dengan asumsi ekonomi tetap pada lintasan ini maka saya akan mendukung untuk membuat kebijakan moneter agak kurang akomodatif dari waktu ke waktu secara bertahap guna mendorong tingkat suku bunga jangka pendek,” kata Dudley, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (6/12/2016).

Menurutnya ada beberapa hal yang menyebabkan ketidakpastian terjadi sekarang ini dan Pemerintah AS perlu melakukan berbagai macam upaya untuk menekan hal itu agar tidak terjadi secara berkelanjutan. Adapun ketidakpastian itu juga turut memengaruhi gerak ekonomi global.

“Masih ada ketidakpastian tentang bagaimana kebijakan fiskal akan berkembang selama beberapa tahun ke depan. Pada saat ini, masih terlalu dini untuk mencapai kesimpulan tegas,” ujar Dudley, seorang pembuat kebijakan tetap di the Fed pada kebijakan moneter dan sekutu dekat Ketua Fed Janet Yellen.

loading...