HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Lakukan Kebiasaan Ini Mampu Menghemat kuota Internet

2

HARIANACEH.CO.ID — Bagi para pengguna smartphone Android, iOS, BB, atau Windows Phone harus selalu terhubung dengan Internet menjadi kebutuhan yang tak terelakkan, bila tak mau mati gaya. Dengan kecenderungan browsing, streaming, dan bermain game online yang tak terkendali, tentunya ini akan meningkatkan kebutuhan Anda terhadap kuota Internet yang banyak. Agar kuota Internet tak cepat habis, Anda bisa mencoba beberapa kebiasaan berikut ini.

Gunakan aplikasi Untuk memantau kuota

Smartphone Android dengan OS 4.0 ke atas sudah dilengkapi dengan fitur pemantau dan pembatas kuota Internet yang bisa ditemukan di dalam menu data usage dari menu settings. Anda bisa menggunakannya untuk memantau dan membatasi penggunaan Internet bulanan Anda.

Matikan Penggunaan fitur auto-update dan auto-download

Perangkat Android, iOS, dan platform smartphone lainnya biasanya selalu dilengkapi dengan fitur auto-update untuk aplikasi. Untuk menghemat penggunaan kuota internet sebaiknya anda hanya melakukan update aplikasi saat terhubung dengan WiFi saja. Untuk itu, matikan fitur tersebut. Pada smartphone Android, Anda bisa menon-aktifkannya melalui menu settings di dalam aplikasi Google Play.

Selain auto-update aplikasi, ada baiknya juga mematikan fitur auto-download pada beberapa aplikasi, seperti WhatsApp walaupun men-download gambar, pesan suara, maupun video pada WhatsApp tidak terlalu banyak menghabiskan kuota Internet.

Penggunaan browser khusus hemat data

Aplikasi browser yang Anda gunakan juga bisa memengaruhi pemakaian kuota Internet bulanan Anda. Untungnya, ada beberapa aplikasi browser yang diciptakan dengan fitur khusus untuk menghemat pemakaian kuota Internet.

Beberapa yang bisa Anda coba yaitu Opera Max, Opera Mini, Onavo Extend (milik Facebook), Opera Browser, dan Google Chrome. Kelima browser tersebut memiliki kemampuan untuk melakukan kompres halaman website yang Anda buka.

Berani “pelit”

Menjadi sedikit “pelit” rasanya adalah hal yang sah-sah saja. Setiap smartphone Android yang ada saat ini bisa dijadikan hotspot WiFi. Ketika sinyal WiFi tersebut terpancar dan terdeteksi oleh teman yang sering nebeng, biasanya mereka akan langsung masuk ke dalam jaringan WiFi yang Anda miliki. Apabila hal ini sering terjadi dan terbukti menghabiskan kuota Internet Anda, ada baiknya Anda mengganti password WiFi secara berkala.

Nonton YouTube offline

Menonton Yuotube secara offline akan sangat membantu untuk menghemat kuota internet anda. Mode ini dapat anda gunakan pada fitur yang terdapat pada setiap video youtube yang anda bukan dan simpan secara offline pada smartphone. Jadi, setiap kali hendak menonton video tersebut di YouTube, Anda tak lagi memerlukan buffer. Bahkan, Anda bisa menontonnya meski tak memiliki koneksi Internet.

Tidur larut malam

Mayoritas operator seluler dan penyedia Internet di Indonesia memberlakukan aturan kuota Internet siang dan malam. Artinya, setiap paket Internet yang Anda beli dibagi menjadi dua, dimana sebagian kuota hanya bisa digunakan di jam sibuk atau siang hari dan sebagian lainnya hanya bisa digunakan di malam hari atau dini hari. Dengan kata lain, Anda dipaksa untuk begadang apabila tidak mau rugi kuota Internet malam Anda hangus begitu saja.

loading...