HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Wall Street Menguat Akibat Referundum Italia

2

HARIANACEH.co.id, NEW YORK — Saham-saham di Wall Street berakhir menguat pada Senin waktu setempat (Selasa pagi WIB), dengan Dow Jones Industrial Average memperbarui rekor penutupannya, karena investor mempertimbangkan komentar pejabat Fed dan referendum penting di Italia.

Mengutip Antara, Selasa 6 Desember, indeks Dow Jones Industrial Average naik 45,82 poin atau 0,24 persen menjadi 19.216,24 poin. Indeks S&P 500 berakhir 12,76 poin atau 0,58 persen lebih tinggi menjadi 2.204,71 poin, dan indeks komposit Nasdaq melonjak 53,24 poin atau 1,01 persen menjadi 5.308,89 poin.

Presiden Federal Reserve New York, William Dudley, mengatakan pada Senin bahwa ia mendukung langkah-langkah menaikkan suku bunga secara bertahap, jika perekonomian Amerika Serikat (AS) tetap berada di lintasan saat ini, menurut CNBC.

Total pekerjaan nonpertanian naik 178.000 pada November, dan tingkat pengangguran turun menjadi 4,6 persen, tingkat terendah dalam sembilan tahun. Para analis mengatakan data ketenagakerjaan yang lebih baik dari perkiraan mungkin memperkuat alasan untuk menaikkan suku bunga akhir bulan ini.

Menurut alat FedWatch CME Group, Senin, ekspektasi pasar untuk kenaikan suku bunga pada Desember mencapai 94,9 persen. Investor juga terus mengamati tentang referendum di Italia pada Minggu. Menurut media lokal, pemilihn “Tidak” berada di 59 persen dan “Ya” pada 41 persen.

Perdana Menteri Italia Matteo Renzi pada Senin mengumumkan pengunduran dirinya setelah kekalahan dalam referendum. Analis percaya kekalahan Renzi ini merupakan pukulan bagi Uni Eropa yang sudah berjuang untuk mengatasi sejumlah krisis termasuk masalah utang Yunani dan Brexit.

Pada berita ekonomi lainnya, indeks non-manufaktur, yang mengukur aktivitas di sektor jasa AS, tercatat 57,2 persen pada November, 2,4 persentase poin lebih tinggi dari angka Oktober dan mengalahkan konsensus pasar, Institute for Supply Management (ISM) mengatakan dalam survei bulanannya pada Senin.[]

loading...