HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Gempa Aceh Berdampak Parah pada 3 Kecamatan di Pidie Jaya

2

HARIANACEH.co.id, PIDIE JAYA – Gempa dengan kekuatan 6,4 SR yang mengguncang wilayah Aceh memakan korban jiwa dan puluhan lainnya masih dirawat di sejumlah rumah sakit.

Kepala BPBD Pidie Jaya, Puteh Manaf, mengatakan ada tiga rumah sakit yang menangani korban, yaitu RSUD Meureudu, RSUD Sigli, dan puskesmas terdekat.

Para korban dibawa dari tiga kecamatan terparah yang diguncang gempa yaitu Lueng Putu, Trienggadeng, dan Merdu. Hingga saat ini proses evakuasi berlanjut.

Hingga siang tadi seperti pantauan HARIANACEH.co.id, petugas gabungan mengevakuasi satu keluarga yang tertimbun reruntuhan rumah toko.

“Saat ditemukan dua orang meninggal, sementara anaknya masih bernafas,” kata Camat Trienggadeng, Ishak, Rabu (7/12/2016).

Pusat data BPBD hingga pukul 13.00 WIB, sebanyak 98 unit rumah toko hancur. Kerusakan terparah terjadi di Merdu, Trienggadeng, Bandar Baru, Bandar Dua, dan Meurah.

Sementara itu, enam masjid rusak berat, 15 unit rumah rusak di kawasan Trienggadeng. Hingga saat ini jumlah korban meninggal dunia menjadi 40 orang.

Gempa berkekuatan 6,5 skala Richter mengguncang Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, tepatnya di 18 kilometer timur laut, Rabu 7 Desember pukul 05.03 WIB. Gempa terjadi di kedalaman 10 kilometer pada posisi 5.19 lintang utara – 96,36 bujur timur. Gempa tak berpotensi tsunami.

loading...