HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Presiden Joko Widodo: Aceh Tidak Sendirian

2

HARIANACEH.co.id, JAKARTA – Presiden Joko Widodo menyampaikan rasa duka citanya atas gempa yang terjadi di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. Jokowi coba membesarkan hati warga Aceh yang sedang dilanda musibah.

Melalui akun Twitter resminya, Jokowi mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut mendoakan para korban gempa di Bumi Serambi Mekkah. Kicauannya pun di-retweet tiga ribu lebih pengguna Twitter.

“Aceh tidak sendiri. Mari berdoa bersama untuk gempa di Serambi Mekkah. Semoga tetap tabah, tawakal untuk bangkit kembali,” kicau Jokowi, Senin (7/12/2016).

Presiden Joko Widodo juga direncanakan untuk bertolak menuju Aceh guna bertemu langsung dengan warga Pidie Jaya. Namun, Presiden menekankan, dirinya tidak ingin mengganggu proses evakuasi yang sedang dilakukan.

Pemerintah, kata dia, juga telah bergerak cepat untuk menanggulangi bencana tersebut. Bantuan pun langsung diberangkatkan pada sore hari ini.

“Saya sudah memerintahkan kepada Kepala Staf Kepresidenan. Saya perintahkan juga kepada Panglima TNI, Menteri Kesehatan, Kepala BNPB untuk semuanya terjun. Karena setiap jam yang saya ikuti, korbannya terus bertambah,” ucap Presiden dalam kegiatan Amnesti Pajak yang berlangsung di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC).

Bumi Serambi Mekkah tengah berduka. Gempa berkekuatan 6,5 skala richter terjadi pagi tadi di Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh.

Gempa mengakibatkan sekitar 161 bangunan rumah rusak berat, 105 bangunan rumah toko roboh, 14 masjid roboh, 1 sekolah roboh, dan 1 RSUD roboh. Sebanyak 94 jiwa meninggal, 1 hilang, 128 orang menderita luka berat, dan 489 mengalami luka ringan.

loading...