HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

[Update Gempa] Pemeritah Aceh Keluarkan Status Tanggap Darurat Bencana

2

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH – Plt Gubernur Aceh, Soedarmo, mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Tanggap Darurat Bencana atas musibah gempa bumi yang melanda Aceh, Rabu (7/12/2017) pagi.

Gempa berkekuatan 6,4 SR diketahui menimbulkan kerusakan infrastruktur dan korban jiwa di tiga kabupaten berbeda, ditetapkan sebagai daerah status tanggap darurat bencana provinsi Aceh.

Hal tersebut ditetapkan dari hasil rapat Forkompinda bersama SKPA terkait, yang dilihat dari cakupan lokasi gempa yang berpotensi menimbulkan gangguan fungsi layanan umum.

Berdasarkan hasil kaji cepat yang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) maka Pemerintah menetapkan status tanggap darurat pasca-gempa selama dua minggu kedepan.

Berikut isi SK Status Tanggap Darurat Bencana yang resmi dikeluarkan Pemerintah Aceh melalui titah Plt Gubernur Aceh.

  • Pada tanggal 07 Desember 2016 telah terjadi bencana gempa bumi dengan cakupan lokasi yaitu kabupaten Pidie Jaya, Bireun dan Kabupaten Pidie dan berpotensi terjadinya gangguan fungsi layanan umum.
  • Untuk melaksanakan Pasal 21 ayat (1) huruf B, pasal 23 ayat (2) Peraturan Pemerintah Nomor 21 tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana, Gubernur Aceh menetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Provinsi Aceh.
  • Status keadaan darurat sebagaimana dimaksud pada huruf a dan huruf b, berlaku selama 14 hari, sejak tanggal 7 sampai dengan20 Desember tahun 2016.

Dari data yang dikumpulkan sore ini, sudah 93 jiwa terkofirmasi meninggal dunia dari tiga kabupaten yang paling berat digoyang gempa bumi tektonik menjelang shubuh pagi tadi. []

loading...