HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

[Update Gempa] Pencarian Korban Meningal Dunia Masih Terus Dilakukan

4

HARIANACEH.co.id, Pidie Jaya – Proses pencarian korban meninggal dunia akibat gempa 6,4 skala richter yang melanda Kabupaten Pidie Jaya (Pijay), Provinsi Aceh, masih terus dilakukan. Warga bersama aparat TNI/Polri, PMI, BPBD, SAR, serta sejumlah relawan lainnya masih terus membersihkan puing-puing bangungan yang roboh untuk memudahkan pencarian korban jiwa. Sejumlah alat berat juga dikerahkan ke lokasi kejadian agar membantu proses tersebut.

Informasi yang diperoleh HARIANACEH dari Koordinator Pusat Data dan Informasi BPBA Heni menyebutkan, hingga pukul 12.30 Wib, jumlah sementara korban jiwa akibat gempa sudah mencapai 27 orang. Sedangkan korban luka berat sebanyak 26 orang, serta 28 orang luka ringan.

“Untuk korban luka ringan masih banyak, cuma belum semua kita input. Namun untuk sementara laporan dari BPBD Pidie Jaya, jumlah korban jiwa seperti yang saya sebutkan,” kata Heni saat dihubungin, Rabu (7/12/2016).

Selain korban manusia, pihak BPBA juga mencatat kerugian dan kerusakan meteril atas peristiwa ini. Sebanyak 98 unit Rumah Toko (Ruko) pada 6 kecamatan di kabupaten Pijay dilaporkan roboh diguncang gempa. Kemudian 6 unit rumah ibadah juga rusak parah.

“Fasilitas umum lainnya masih bagus, seperti RSUD Pijay meskipun ada retak-retak kecil, masih terus melayani pasien yang sakit, ya kendati harus dirawat di luar bangunan,” kata Heni.

Dikatakannya, BPBA saat ini telah mendirikan posko penangan bencana yang dipusatkan di depan kantor Bupati Pidie Jaya lama, di kawasan Meureudu. Posko ini nanti juga akan difungsikan sebagai tempat pengungsian sementara jika memang terdapat warga yang ingin mengungsi.[]

loading...