HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Listrik di Pidie Jaya Kini Pasokannya Kembali Normal

24

HARIANACEH.co.id, MEUREUDU – Pasokan listrik utama di Kabupaten Pidie Jaya pascagempa mulai normal, setelah hampir dua hari sejak Rabu (7/12) wilayah itu gelap gulita pada malam hari.

Alhamdulillah sejak Kamis (8/12) malam pukul 23.00 WIB, semua pasokan listrik utama di semua kecamatan di Kabupaten Pidie, 100 persen selesai direcovery,” kata General Meneger PT PLN Aceh Bob Saril di Meureudu, Sabtu (10/12/2016).

Ia menyatakan, pihaknya terus mengupayakan untuk menyelesaikan percabangan yang menyuplai ke desa dan dusun.

“Diharapkan hari ini kami bisa menyelesaikan seluruh pasokan listrik yang selanjutnya model operasi akan berubah dari tanggap darurat menjadi status penguatan dan pemulihan untuk masyarakat yang terdampak,” katanya.

Akibat gempa berkekuatan 6,5 skala richter pada Rabu (7/12) pagi seluruh jaringan listrik di Kabupaten Pidie Jaya, sebagian Kabupaten Pidie dan Kabupaten Bireuen mengalami kerusakan parah.

Untuk menghidupkan kembali jaringan listrik, tim reaksi cepat PLN pada Rabu siang langsung memperbaiki di daerah Meureudu, Ibu kota Kabupaten Pidie dan Samalang, Kabupaten Bireuen.

Puluhan ribu pelanggan pada waktu itu terputus aliran listrik yang tersebar di Rayon Samalanga sebanyak 750 pelanggan, Meureudu 36.000 pelanggan, dan Beureunuen, Kabupaten Pidie, 4.000 pelanggan.

Kemudian, Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) di Samalanga, Kabupaten Bireuen mengalami kerusakan sebanyak 500 kilometer sirkit (kms), Meureudu dan Beureunuen, Pidie Jaya, 25 kms.

Tiang jaringan tegangan menengah (TM) yang roboh di Samalanga 3 batang, Beureunuen 25 batang, dan Meureudu 20 batang, sedangkan tegangan rendah (TR) di Samalanga 10 batang, Meureudu 30 batang, dan Beureunuen 20 batang.

Selain itu 84 unit trafo di Samalanga, Beureunuen, dan Meureudu juga roboh. Beban tidak tersalur di Samalanga  500 kilowatt, Beureunuen dan Meureudu 6 megawatt.

Sementara pembangkit dan gardu induk (GI) yang tidak operasi nihil sedangkan penyulang yang tidak operasi yaitu satu penyulang Ulee Gle, Kabupaten Pidie Jaya.

“Berkat kerja keras dan cepat tim kita, Alhamdulillah jaringan listrik sudah mulai normal kembali,” kata Bob Saril.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat